Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs. Al-Khoeriyah Ciherang Cibeureum Kota Tasikmalaya)
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs. Al-Khoeriyah Ciherang Cibeureum Kota Tasikmalaya)

Ai Rahayu Ratnaningsih - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang peneliti lakukan kepada narasumber yaitu kepala sekolah MTs. Al-Khoeriyah, guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan peserta didik. Dari data wawancara diperoleh informasi bahwa belum optimalnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan nilai tes sebelumnya pada materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menunjukan bahwa pemahaman peserta didik masih rendah. Penelitian mencoba menerapkan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs. Al-Khoeriyah.
Gagne' dan Briggs (1975) secara implisit mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajran, yang terdiri dari antara lain buku,tape recorder,kaset,video kamera,video recorder,film,slide (gambar bingkai),foto,gambar,grafik,televisi,dan komputer. Dengan kata lain,media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs. Al-Khoeriyah Kota Tasikmalaya yahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 48 peserta didik yang terdiri dari 24 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 24 peserta didik sebagai kelompok kontrol,dengan instrumen penelitian menggunakan wawancara,observasi,tes soal,dan dokumentsi.
Berdasarkan hsil pengamatan dari observasi diperoleh hasil observasi penerapan media audio visual dapat dilakukan peneliti dengan baik karena langkah-langkah penerapan media audio visual telah dilaksanakan. Kemudian berdasarkan penghitungan statistik terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik kelompok eksperimen yang menerapkan media audio visual dan kelompok kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional setelah perlakuan dan terdapat peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen yang menerapkan media audio visual dibandingkan dengan kolompok kontrol yang menerapkan model konvensional.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-045
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?