Image of PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(Penelitian di Kelas V SDN Sangkali Kota Tasikmalaya)

Text

PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas V SDN Sangkali Kota Tasikmalaya)



Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan metode resitasi terhadap peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sangkali Kota Tasikmalaya. Kajiannya dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pengajaran, bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik, sehingga tercipta interaksi edukatif. Kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan metode mengajar membuat peserta didik jenuh, hasilnya upaya peningkatan mutu pengajaran tidak berjalan baik. Salah satu metode yang diterapkan dalam melibatkan siswa secara aktif, guru menunjang kelancaran proses belajar mengajar adalah menggunakan metode resitasi. Dalam metode resitasi diharapkan mampu memancing keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sangkali Kota Tasikmalaya, kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol, dengan jumlah masing-masing siswa tiap kelas yaitu 30 orang. Penelitian ini dilakukan selama lima kali pertemuan termasuk pretest dan posttest. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 30 soal. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil t tabel < t hitung yaitu 2,00 < 3,20 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode Resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi siswa-siswa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-057
Penerbit Alfabeta : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya