Detail Cantuman
Advanced SearchText
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI (Penelitian TIndakan Kelas di Kelas V SDN Tamanggung Desa Toblogan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya)
Latar Belakang masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya masih belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu sendiri. Salah satunya masih sangat lemahnya kemampuan guru dalam merangsang aktivitas belajar peserta didik secara kelompok. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran kelompok atau cooperative learning, karena dengan model ini peserta didik diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan atau kelompoknya. Peserta didik dalam kelompok merupakan satu kesatuan dan bergotong-royong dalam menyelesaikan tugas. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis terdorong untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestai belajar peserta didik dengan menggunakan metode cooperatif learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan menggunakan metode cooperatif learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maka prestasi belajar lebih baik. Secara logika semakin tinggi tingkat keberhasilan menggunakan metode cooperatif learning pada bidang Pendidikan Agama Islam, maka akan semakin baik pula prestasi belajar siswa di kelas V SDN Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif ini dilaksanakan di kelas V di SDN Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya dengan sampel penelitian guru kelas V sebagai guru mitra dan siswa kelas V yang berjumlah 27 orang, 14 orang laki-laki (51,85%) dan 13 orang perempuan (48,15%). Menggunakan observasi, teknik tes, variabel penelitian, pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini melalui serangkaian pembelajaran reflektif dengan satu siklus yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode cooperatif learning pada mata pelajaran PAI di kelas V Sekolah Dasar Negeri Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya mengalami peningkatan: 1) Realitas prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI pada pelaksanaan siklus I rata-rata 6,6%, 2) Realitas pembelajaran PAI setelah dilaksanakan pembelajaran siklus II rata-rata nilai 7,0%. 3) Dengan menggunakan metode Cooperatif Learning pada mata pelajaran PAI setelah dilaksanakan pembelajaran siklus III rata-rata nilai 8,2%
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
E-059
|
Penerbit | Alfabeta : Malang., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain