Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI
(Penelitian TIndakan Kelas di Kelas V SDN Tamanggung Desa Toblogan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya)
Penanda Bagikan

Text

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI (Penelitian TIndakan Kelas di Kelas V SDN Tamanggung Desa Toblogan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya)

Yana Suryana - Nama Orang;

Latar Belakang masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya masih belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu sendiri. Salah satunya masih sangat lemahnya kemampuan guru dalam merangsang aktivitas belajar peserta didik secara kelompok. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran kelompok atau cooperative learning, karena dengan model ini peserta didik diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan atau kelompoknya. Peserta didik dalam kelompok merupakan satu kesatuan dan bergotong-royong dalam menyelesaikan tugas. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis terdorong untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestai belajar peserta didik dengan menggunakan metode cooperatif learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan menggunakan metode cooperatif learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maka prestasi belajar lebih baik. Secara logika semakin tinggi tingkat keberhasilan menggunakan metode cooperatif learning pada bidang Pendidikan Agama Islam, maka akan semakin baik pula prestasi belajar siswa di kelas V SDN Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif ini dilaksanakan di kelas V di SDN Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya dengan sampel penelitian guru kelas V sebagai guru mitra dan siswa kelas V yang berjumlah 27 orang, 14 orang laki-laki (51,85%) dan 13 orang perempuan (48,15%). Menggunakan observasi, teknik tes, variabel penelitian, pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini melalui serangkaian pembelajaran reflektif dengan satu siklus yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode cooperatif learning pada mata pelajaran PAI di kelas V Sekolah Dasar Negeri Tamanggung Desa Toblongan Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya mengalami peningkatan: 1) Realitas prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI pada pelaksanaan siklus I rata-rata 6,6%, 2) Realitas pembelajaran PAI setelah dilaksanakan pembelajaran siklus II rata-rata nilai 7,0%. 3) Dengan menggunakan metode Cooperatif Learning pada mata pelajaran PAI setelah dilaksanakan pembelajaran siklus III rata-rata nilai 8,2%


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-059
Penerbit
Malang : Alfabeta., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?