Image of PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MA CILENDEK TASIKMALAYA

Text

PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MA CILENDEK TASIKMALAYA



Pembelajaran tutor sebaya merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam pembelajaran, setiap siswa harus bekerja sama dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Sehingga pada pembelajaran tutor sebaya ini belajar dikatakan belum selesai apabila salah satu teman dalam kelompoknya belum menguasai materi pelajaran. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran Qurdis dengan pendekatan metode tutor sebaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan metode tutor sebaya terhadap efektifitas pembelajaran siswa kelas XI IPS MA Cilendek Tasikmalaya pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, sehingga diharapkan dapat memberikan masukan yang positif bagi guru yang bersangkutan dalam rangka meningkatan kualitas pembelajaran Al-Quran Hadis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Cilendek Tasikmalaya, sedangkan sampel penelitian menggunakan Stratified Random Sampling yang berjumlah 42 orang.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Sedangkan metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis korelasioner. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara analisis logika untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif.
Dari hasil penghitungan, secara umum realitas metode tutor sebaya pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis termasuk kualifikasi tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 3,82. Angka tersebut termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada interval 3,6 - 4,5. Sementara itu, realitas efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis juga termasuk tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 3,52. Angka tersebut termasuk kategori tinggi, karena berada interval 3,6 - 4,5. Selanjutnya, dari hasil pengolahan data dengan analisis korelasioner menunjukan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut sebesar 0,50. Dengan demikian, korelasi antara metode tutor sebaya terhadap efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis termasuk kualifikasi sedang, karena nilai 0,50 berada pada interval 0,40 - 0,599. Dari nilai tersebut, diperoleh kadar hubungan variabel X terhadap variabel Y sebesar 13%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
E-064
Penerbit PENERBIT INFORMAIKA : Malang.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya