Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MA CILENDEK TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MA CILENDEK TASIKMALAYA

DADAH HAMIDAH - Nama Orang;

Pembelajaran tutor sebaya merupakan strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam pembelajaran, setiap siswa harus bekerja sama dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Sehingga pada pembelajaran tutor sebaya ini belajar dikatakan belum selesai apabila salah satu teman dalam kelompoknya belum menguasai materi pelajaran. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran Qurdis dengan pendekatan metode tutor sebaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan metode tutor sebaya terhadap efektifitas pembelajaran siswa kelas XI IPS MA Cilendek Tasikmalaya pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, sehingga diharapkan dapat memberikan masukan yang positif bagi guru yang bersangkutan dalam rangka meningkatan kualitas pembelajaran Al-Quran Hadis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Cilendek Tasikmalaya, sedangkan sampel penelitian menggunakan Stratified Random Sampling yang berjumlah 42 orang.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Sedangkan metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis korelasioner. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara analisis logika untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif.
Dari hasil penghitungan, secara umum realitas metode tutor sebaya pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis termasuk kualifikasi tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 3,82. Angka tersebut termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada interval 3,6 - 4,5. Sementara itu, realitas efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis juga termasuk tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 3,52. Angka tersebut termasuk kategori tinggi, karena berada interval 3,6 - 4,5. Selanjutnya, dari hasil pengolahan data dengan analisis korelasioner menunjukan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut sebesar 0,50. Dengan demikian, korelasi antara metode tutor sebaya terhadap efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis termasuk kualifikasi sedang, karena nilai 0,50 berada pada interval 0,40 - 0,599. Dari nilai tersebut, diperoleh kadar hubungan variabel X terhadap variabel Y sebesar 13%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
E-064
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?