Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI
Dalam proses belajar dibutuhkan pembelajran yang aktif, gembira sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran yang disampaikan. Disamping itu, di perlukan suatu media pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk menimbulkan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran tersebut berupa media flash card. Media flash card adalah kartu kecil yang berisi gambar,teks,atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh media flash card terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di SD IT Daarussalaam, untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara media flash card dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD IT Daarussalaam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD IT Daarussalaam yang berlokasi di Jalan Saguling Babakan Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode Eksperimen dengan bentuk One Group Prtest Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I.A berjumlah 15 orang dan kelas I.B berjumlah 15 orang. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena meneliti sebagian dari subjek populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes peningkatan belajar PAI siswa pada kelas I SD IT Daarussalam dengan pembelajaran dalam kelas eksperimen pretes mencapai angka 64,33 dan postes mencapai angka 85,33. Sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol pretes mencapai angka 64,00, dan postes mencapai angka 79,33. Dimana terdapat perbedaan besar 6,00. Dari penelitian yang dilakukan menggunakan Uji Normalitas pada kelas eksperimen dengan rumus Chi-Square Test pada bagian Pearson Chi Square terlihat Asimp.Sig sebesar 0,010. Karena nilai Asimp.Sig 0,010 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima,yang artinya "Terdapat pengaruh yang signifikat antara media Flash Card terhadap peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI". Sedangkan pada kelas kontrol pada bagian Pearson Chi Square terlihat Asimp.Sig sebesar 0,010. Karena itu Asimp.Sig 0,056 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya "Tidak terdapat pengaruh yang signifikat antara belajar tanpa media terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI".
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
E-067
|
Penerbit | Alfabeta : Malang., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain