Detail Cantuman
Advanced SearchText
SPeSIA Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba Fakultas Tarbiyah Prosiding Pendidikan Agama Islam Gelombang 1 Tahun 2017 - 2018
Al Qur'an adalah kitab suci bagi pemeluk agama islam sebagai pedoman hidup dan sumber - sumber hukum. Allah Swt memuliakan orang yang menjadi ahlu al Qur'an dengan mempelajari al Qur'an baik dengan membaca, menghapal, dan mengamalkannya, ia akan diberi berbagai macam keistimewaan di akhirat. Proses pembelajaran al Qur'an, memiliki metode tertentu yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam hal ini SD Hikmah teladan menggunakan Metode Kibar dengan tujuan memberikan kemudahan bagi siswa untuk dapat membaca al Qur'an dengan cepat, lancar dan fasih. Metode Kibar merupakan metode pengganti dari metode sebelumnya yaitu metode iqra' dan metode A BA TA TSA. Hal tersebut menjadi dasar untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Kibar yang dilakukan di SD Hikmah Teladan dalam proses pembelajaran al Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan yang dilakukan menggunakan sistem klasikal dan privat atau individual. Sistem klasikal dilaksanakan ketika guru memperkenalkan Metode Kibar untuk pertamakalinya kepada siswa saat masuk sekolah atau saat awal pelajaran BTAQ, sistem klasikal terdiri dari 3 teknik yaitu teknik 1) Guru membaca, siswa mendengarkan; 2) Guru membaca siswa menirukan; 3) Membaca bersama - sama antara guru dan siswa. Sedangkan untuk sistem privat atau individual adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara guru menyimak bacaan siswa secara bergiliran, hal tersebut dilakukan sehingga guru dapat berkonsentrasi dalam membimbing siswa saat membaca al Qur'an, serta penerapannya menggunakan 3 jilid buku Kibar. Pencapaian kemampuan membaca al Qur'an dengan Metode Kibar tidak hanya dilihat dari hasil pembelajarannya saja, tetapi juga dilihat dari proses pembelajaran membaca al Qur'an. Oleh karena itu, dapat dilihat dari perolehan hasil kemampuan membaca al Qur'an pada peserta didik di SD Hikmah Teladan dengan menggunakan Metode Kibar menunjukkan peningkatan dalam kemampuan cepat membaca al Qur'an dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kelebihan merupakan nilai lebih yang ada pada suatu hal. Sedangkan kekurangan adalah sesuatu yang menyebabkan kurang sempurna. Kelebihan dan kekurangan Metode Kibar dapat dibedakan dari segi penerapan dengan metode lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dipaparkan bahwa penerapan dan pencapaian kemampuan yang sudah dilakukan sudah sesuai dengan teori yang relevan, hal tersebut menjadi kelebihan dan kekurangan yang ada pada Metode Kibar.
Ketersediaan
370WAp | 370 WA p | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
370 WA p
|
Penerbit | : Sukabumi., 2018 |
Deskripsi Fisik |
X, 126 hlm; 20 x 29 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain