Image of PENDIDIKAN KAUM TERTINDAS

Text

PENDIDIKAN KAUM TERTINDAS



Bab 1
Pembenaran bagi suatu pendidikan kaum tertindas:
kontradiksi antarkaum penindas: kontradiksi antara kaum
penindas dan kaum tertindas, dan bagaimana men gatasinya;
penindasan dan kaum penindas, penindasan dan kaum
tertindas; pembebasan: sebagai suatu proses saling
menunjang.
Bab 2
Konsep pendidikan “gaya bank” sebagai alat penindasan;
konsep pendidikan hadap-masalah sebagai alat pembebasan;
kontradiksi guru-murid dan konsep “gaya bank” diselesaikan
oleh konsep hadap-masalah; pendidikan sebagai proses saling
menunjang dengan dunia sebagai perantara; manusia
sebagai makhluk yang sadar-tidak sempurna, serta usahanya
untuk menjadi lebih manusiawi
Bab 3
Dialogika: hakikat pendidikan sebagai praktik kebebasan;
dialogika dan dialog; dialog dan pencarian isi program;
hubungan manusia-dunia, “tema-teina generatf’, dan isi
program pendidikan sebagai praktik kebebasan; penelitian
“tema-tema generatif” dan metodologinya; kebangkitan
kesadaran kritis melalui penelitian “tema-tema generatif”
Bab 4
Antidialogika dan dialogika sebagai matriks dan teori
tindakan kebudayaan yang berlawanan: yang pertama
sebagai alat penindasan dan yang kedua sebagai alat
peinbebasan; teori tindakan antidialogis dan watak-wataknya:
penaklukan, pecah lalu perintah, manipulasi, dan serangan
budaya; teori tindakan dialogis dan watak-wataknya: kerja
sama, persatuan, organisasi, dan sintesa kebudayaan.
Bibliografi


Ketersediaan

3701PAUt370.1 PAU tTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 PAU t
Penerbit UPP STIM YKPN yogyakarta : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xxxvii + 221 hlm; 17,5 x 11,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-3330-70-9
Klasifikasi
370.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya