Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PENGARUH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TADABUR ALAM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
NANDA RAFIKA. 15.01.018
PENGARUH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TADABUR ALAM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
Pada saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Didukung dengan penggunaan media seadanya (terbatas). Melihat permasalahan diatas, terdapat suatu gambaran bahwa akar penyebab masalah adalah strategi atau metode pembelajaran yang kurang mampu membangkitkan semangat belajar siswa. Sehingga sebagian siswa khususnya kelas IV di MI Nagela kurang tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana impelementasi metode tadabur alam terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dan mengetahui pengaruh dari metode tadabur alam terhadap hasil belajar siswa. Metgode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi sampel adalah 20 siswa kelas IV, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan metode pembelajaran tadabur alam dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas iV pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan nilai sign 0,123 atau sama dengan 12%.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Tadabur Alam, Hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F 021
|
Penerbit | PENERBIT INFORMAIKA : Malang., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 58 hlm ; 20 x 30
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain