Detail Cantuman
Advanced Search
Text
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-QUR'AN SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR AL-MARAGHI)
ANISA FIRDAUSI. 15.01.054. KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-QUR'AN SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-MISBAH DAN TAFSIR AL-MARAGHI)
penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peristilahan terkait konsep pendidikan Islam yanng masih menjadi pembahasan. Banyak istilah-istilah yang digunakan untuk merujuk pada konsep pendidikan islam, namun tidak semuanya cukup mendeskripsikan pendidikan Islam itu sendiri. Oleh karena itu, perlu kajian terhadap sumber ajaran Islam (Al-Qur'an) dalam rangka menggali konsep pendidikan Islam. Penggalian konsep ini merujuk kepada tafsir-tafsir yang dikaji secara tematis. Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan Islam dalam kisah Nabi Musa a.s dan Khidir (QS. Al-Kahfi ayat 60-82) menurut penafsiran M. Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah dan penafsiran Ahmad Mustafa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi. penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian : 1) Penafsiran M. Quraish Shihab dan penafsiran Ahmad Musthafa Al-Maraghi tentang surat Al-Kahfi ayat 60-82 dalam tafsir Al-Misbah dan tafsir Al-Maraghi uaitu Quraish Shihab menggunakan metode penulisan Tafsir tahlili dan maudhu'i (tematik); menjelaskan isi kandungan ayat satu persatu terlebih dahulu kemudian mengulas secara global isi kandungan surat secara umum dengan mengaitkan ayat lain yang berkaitan dan memiliki tema yang sama. Sedangkan Al-Maraghi menggunakan metode ijmali dan tahlili; menjelaskan secara detail kejadian dan peristiwa ayat per ayat. Pada penafsirannya, ia serinng mengaitkan peristiwa atau kata dalam ayat secara logis sehingga kisah pada ayat terkesan runtut dan detail. 2) Konsep Pendidikan Islam yang dapat diambil dari kisah Nabi Musa a.s dan Khidir meliputi; tujuan pendidikan islam, peserta didik, pendidik, materi, metode dan situasi yanng mendukung. Dari penelitian ini disarankan agar pendidik dan peserta didik mampu menerapkan konsep pendidikan islam ke dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Konsep Pendidikan Islam, Kisah Nabi Musa as dan Khidir, Tafsir Al-Misbah dan Al-Maraghi.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F 037
|
Penerbit | PENERBIT INFORMAIKA : Malang., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 117 hlm ; 20 x 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain