Image of ANALISIS PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(STUDI KENDUNGAN AL-QUR'AN SURAT AL-ZALZALAH AYAT 7-8)

Text

ANALISIS PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KENDUNGAN AL-QUR'AN SURAT AL-ZALZALAH AYAT 7-8)



RIFA NURFALAH. NIM. 1501071. ANALISIS PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(STUDI KENDUNGAN AL-QUR'AN SURAT AL-ZALZALAH AYAT 7-8)
Skripsi ini membahas analisis penerapan metode reward dan punishment pada pembelajaran pendidikan agama Islam (Studi Kandungan Al-Qur'an Surat Al-Zalzalah ayat 7-8). Kajiannya dilatarbelakangi oleh prsetasi belajar rendah, kurang atau tidak ada motivasi belajar, belajar lambat, berkebiasaan kurang baik dalam belajar, sikap yang kurang baik terhadap pelajaran, guru ataupun sekolah. Kekerasan dalam proses pembelajaran. Kasus menghukum siswa kerap sekali kita lihat melalui media elektronik maupun media cetak yang kini jumlahnya tidak lagi sedikit. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, Library Research (Penelitian Kepustakaan) Sumber data yang digunakan adalah buku-buku tafsir diantaranya : Tafsir Al-Maraghi, tafsir Al-Misbah dan tafsir Depag RI dan buku-buku literatur yang ada hubungannya dengan penelitian ini. penulis menggunakan teknik analisis isi, metode ini dengan mengambil makna surat yang terkandung dalam sumber data, perbandingan dari beberapa tafsir dianalisis lalu ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan surat al-Zalzalah ayat 7-8 menjadi bukti bahwa tidak ada satu pun yang tersembunyi diganjari setimpal dengan perbuatannya, sementara menurut para musyafir ayat ini menjelaskan bahwa segala amalan buruk manusia akan ada balasannya dalam segala bidang kehidupan, termasuk kegiatan belajar mengajar. Dalam penerapan reward ada empat bentuk yaitu 1) Isyarat(seperti anggukan, raut muka, senyum dari pendidik dan sebagainya, 2) Perkataan (seperti rajin engkau... bagus, teruskan !) 3) Perbuatan ( seperti anak didik diperbolehkan mengatur meja, almari pendidikan dan sebagainya) 4) Benda penghargaan dalam bentuk benda wajib sederhana sekali, (seperti gambar, pensil, buku tulis, bukuk bacaan, buku keagamaan). keempat bentuk ini diberikan secara tepat dan seimbang. Sementara pemebrian punishment disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan siswa serta mengandung makna edukasi.
Kata Kunci : reward dan punishment, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, QS. Al-Zalzalah ayat 7-8)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F 044
Penerbit PENERBIT INFORMAIKA : Malang.,
Deskripsi Fisik
X, 58 hlm ; 20 x 30
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya