Detail Cantuman
Advanced Search
Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus dan penelitian Lapangan di SMP IT At-Taufiq Al-Islami Kota Tasikmalaya)
ANANI NASOFAH, 1501095
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA
(Studi Kasus dan penelitian Lapangan di SMP IT At-Taufiq Al-Islami Kota Tasikmalaya)
Penguatan pendidikan karakter adalah salah satu program pemerintah untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkarakter baik dan berkualitas, yang mana penerapannya tidak hanya dilakukan melalui proses belajar mengajar maupun di luar sekolah. Akan tetapi perlu adanya kepercayaan, pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi karakter yang melekat pada diri seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini upaya guru pendidikan agama Islam dalam penguatan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya gurun dalam penguatan pendidikan karakter terutama dalam mendeskripsikan implementasi program penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik di SMP IT At-Taufiq Al-Islamy Kota Tasikmalaya. Serta mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMP IT At-Taufiq Al-Islamy. Penelitian yang berjudul Upaya Guru Pendidkan Agama Islam dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa (Studi Kasus dan Penelitian Lapangan di SMP IT At-Taufiq Al-Islamy) Kota Tasikmalaya ini menggunakan peneliltian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk menenliti pada kondisi obyek alamiah. (sebagai lawannya adalah experimen)dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik, pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam proses implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam membentuk sikap sosial peserta didik dilakukan dengan cara : menjalankan prinsip-prinsip dalam PPK yaitu melalui prinsip pengembangan PPK dengan menghidupkan nilai-nilai moral melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan penyumbang utama dalam pelaksanaan PPK serta melalui program-program pembiasaan yang ada di sekolah, melalui prinsip implemnetasi PPK dengan melilbatkan orang tua dan masyarakat untuk mendukung PPK, serta melakukan evaluasi yang dilakukan oleh pendidikan karakter melalui keteladanan oleh guru, pembelajaran aktif dan berbasis kooperatif learning, melalui pembiasaan dan penguatan program PPK serta melakukan penilaian.
Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Peserta didik, Sikap sosial
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F 047
|
Penerbit | PENERBIT INFORMAIKA : Malang., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 72 hlm ; 20 x 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain