Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN BIASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Nagrak Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)
Penanda Bagikan

Text

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN BIASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Nagrak Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

RATNA SUNARTI - Nama Orang;

RATNA SUNARTI, 2019.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN BIASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Nagrak Keamatan Tawang Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)
Penelitian dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nagrak pada pembelajaran Matematika, ternyata kemampuan peserta didik dalam bilangan pecahan sangat rendah.
Tujuan penelitian adalah pertama untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan biasa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kedua untuk menngetahui proses penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada setiap siklus untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan biasa, ketiga untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan biasa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Dalam pembelajaran matematika khususnya materi pecahan biasa siswa masih belum bermakna, sehinngga pengertian siswa tentang materi pecahan sangat lemah. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi pecahan biasa. penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pecahan biasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa terdapat perbedaan hasil belajar pada pelajaran matematika materi pecahan biasa antara sebelum menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dengan sesudah penggunaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tindakan kelas, instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian berupa ulangan harian, tugas kelompok, tugas individu, dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan biasa sebelum menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw adalah 55%. Pada tahap proses pembelajaran yang dilakukan siklus kesatu kemampuan siswa pendidik dalam memecahkan dan melaksanakan pembelajaran diperoleh rata-rata 60%, selanjutnya pada siklus kedua terdapat peningkatan kreasi di kelas IV MI Nagrak selama menggunakan pembelajaran materi pecahan biasa menggunakan pendekatan model kooperatif tipe jigsaw menjadi 69%, dan siklus ketiga terdapat peningkatan yang signifikan dalam aktivitas siswa kelas IV MI Nagrak yaitu 72%. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pelaksanaan pembelajaran menyelesaikan soal cerita melalui model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw materi pecahan biasa dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas IV MI Nagrak Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
F. 069
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2019
Deskripsi Fisik
X, 100 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?