Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
(Penelitian pada Siswa Kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun pelajaran 2018-2019)
Penanda Bagikan

Text

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun pelajaran 2018-2019)

NONOK NURHAYATI - Nama Orang;

NONOK NURHAYATI. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
(Penelitian pada Siswa Kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun pelajaran 2018-2019)
Konsep Matematika dalam menghitunng volume bangun ruang merupakan materi yang harus diajarkan di tingkat SD/MI, akan tetapi materi tersebut kurang mendapat perhatian peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya, mereka cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada umumnya mereka beranggapan bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami, hal ini terbukti dengan masih rendahnya nilai yang diperoleh sebagian besar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang, mengembangkan proses pembelajaran yang menarik, interaktif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta prestasi belajar matematika. Kemampuan menghitunng volume bangun ruang peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini disebabkan kuranng tepatnya media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu media visual merupakan salah satu media pembelajran yanng dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, melalui proses siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan langkah-langkah secara terperinci. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes sedangkan analisis data meliputi analisis proses interaksi yang terjadi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan analisis hasil tugas individu. Setelah mengolah dan menganalisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan Matematika peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya dalam materi menghitung volume bangun ruang sebelum menggunakan media visual masih rendah. Penggunaan media visual pada mata pelajaran Matematika tentang materi volume bangun ruang dapat menumbuhkan keberanian peserta didik untuk mendemonstrasikan secara langsung dalam menentukan volume bangun ruang, menumbuhkan kerjasama yang kompak serta menumbuhkan kreatifitas peserta didik sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, media visual merupakan media pembelajaran yang efektif, sehingga setelah menggunakan media visual terdapat peningkatan kemampuan peserta didik secara signifikan dengan ketuntasan belajar sebanyak 21 orang (75%) dan peserta dengan kesulitan sedang 7 orang (25%)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
F. 074
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2019
Deskripsi Fisik
X, 73 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?