Detail Cantuman
Advanced SearchText
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun pelajaran 2018-2019)
NONOK NURHAYATI. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
(Penelitian pada Siswa Kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun pelajaran 2018-2019)
Konsep Matematika dalam menghitunng volume bangun ruang merupakan materi yang harus diajarkan di tingkat SD/MI, akan tetapi materi tersebut kurang mendapat perhatian peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya, mereka cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada umumnya mereka beranggapan bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami, hal ini terbukti dengan masih rendahnya nilai yang diperoleh sebagian besar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang, mengembangkan proses pembelajaran yang menarik, interaktif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta prestasi belajar matematika. Kemampuan menghitunng volume bangun ruang peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini disebabkan kuranng tepatnya media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu media visual merupakan salah satu media pembelajran yanng dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, melalui proses siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan langkah-langkah secara terperinci. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya Tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes sedangkan analisis data meliputi analisis proses interaksi yang terjadi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan analisis hasil tugas individu. Setelah mengolah dan menganalisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan Matematika peserta didik kelas VI MI Nagarakasih 2 Cibeureum Kota Tasikmalaya dalam materi menghitung volume bangun ruang sebelum menggunakan media visual masih rendah. Penggunaan media visual pada mata pelajaran Matematika tentang materi volume bangun ruang dapat menumbuhkan keberanian peserta didik untuk mendemonstrasikan secara langsung dalam menentukan volume bangun ruang, menumbuhkan kerjasama yang kompak serta menumbuhkan kreatifitas peserta didik sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, media visual merupakan media pembelajaran yang efektif, sehingga setelah menggunakan media visual terdapat peningkatan kemampuan peserta didik secara signifikan dengan ketuntasan belajar sebanyak 21 orang (75%) dan peserta dengan kesulitan sedang 7 orang (25%)
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F. 074
|
Penerbit | PENERBIT INFORMAIKA : Malang., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 73 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain