Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DAN KEMAMPUAN BERTANYA MELALUI METODE DISKUSI DI MADRASAH IBTIDAIYAH
(Penelitian Tindakan kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Membaca Intensif di Kelas VI MI Persis Cempakawarna Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya)
Penanda Bagikan

Text

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DAN KEMAMPUAN BERTANYA MELALUI METODE DISKUSI DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Penelitian Tindakan kelas pada Pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Membaca Intensif di Kelas VI MI Persis Cempakawarna Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya)

IDAH SAADAH - Nama Orang;

IDAH SAADAH. 150.04.234.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DAN KEMAMPUAN BERTANYA MELALUI METODE DISKUSI DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Menurut kurikulum 2006 pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Membaca sebagai sebuah keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari harus disampaikan kepada siswa, serta dikuasai siswa sebagai sebuah kompetensi. Namun kenyataannya, siswa masih memiliki minat baca yang rendah, hasil evaluasi belajar siswa pada kemampuan membaca instensif masih rendah. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada aspek membaca intensif, yaknui dengan mengoptimalkan penggunaan keterampilan bertanya pada pembelajaran. Melalui kegiatan bertanya maka dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa, bahkan antara siswa dengan siswa lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran intensif melalui keterampilan bertanya di kelas VI MI Persis Cempakawarna. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan baru baik siswa maupun guru tentang pembelajaran membaca intensif melalui keterampilan bertanya. Metode ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Perimbangan pemilihan PTK ini karena mudah dipahami dan mudah untuk diaplikasikan. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, seta refleksi. hasil penelitian tindakan pembelajaran membaca intensif melalui keterampilan bertanya, terdapat peningkatan yang cukup baik dari pembelajaran tindakan silklus 1 dan silus 2. Jika pada siklus 1 masih terdapat siswa yang tidak mampu menyelesaikan soal tes dengan baik, pada siklus 2 seluruh siswa menyelesaikan soal tes dengan baik. Nilai rata-rata hasil evaluasi akhir siswa pada siklus 1 mencapai 7,1, sedangkan pada siklus 2 mencapai nilai 8.65.
Kata Kunci : Kegiatan pembelajaran, membaca intensif, keterampilan bertanya


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
F. 080
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2019
Deskripsi Fisik
X, 136 hlm ; 20 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PGMI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?