Detail Cantuman
Advanced SearchText
ANALISIS KOMPARATIF PENDIDIKAN ISLAM MASA NUBUWWAH DAN MASA MODERN
HANIFAH DIENULLAH (2019).
ANALISIS KOMPARATIF PENDIDIKAN ISLAM MASA NUBUWWAH DAN MASA MODERN
Peneliltian ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam serta menjadikan tauladan apa yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam proses pendidikan para sahabat yanng luar biasa dan juga untuk menganalisis sistem pendidikan masa Rasul dan masa modern. Menurut al-Attas tujuan pendidikan adalah untuk melahirkan manusia yang baik dan lebih fundamental, sebab manusia yang baik akan menjadi warga negara yang baik pula. Keberhasilan pendidikan Islam dalam sistem modern merupakan hal yang sangat susah untuk dicapai, ternyata kemajuan teknologi serta modernisasi tidak mampu memberikan solusi yang signifikan untuk problematika pendidikan Islam saat ini. Peneliltian ini termasuk penelitian kepustakaan (libraryy research) dengan menggunakan metode dokumnetasi, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan menghimpun buku-buku dan dokumentasi yanng relevan. Setelah data terkumpul, maka dilakukan penelahaan secara kritis, sistematis, dan menganalisa hubungannya dengan masalah yang diteliti, sehingga diperoleh data atau informasi untuk dideskripsikan sesuai dengan pokok masalah. Sumber data yang digunakan diklasipikasikan menjadi tiga, yaitu Sumber data Primer, Sekunder, dan Tersier. Pendidikan Islam pada masa Rasulullah diarahkan untuk membentuk pribadi islami dengan membina seluruh aspek kehidupan guna mencapai tujuan penciptaan manusia sebagai hamba Allah. Pendidikan di zaman Rasulullah SAW baik ketika di Mekkah maupun di Madinah sudah berjalan sesuai dengan situasi dan kondisi. Di zaman Rasululah SAW sudah terdapat sistem pendidikan, komponen pendidikan seperti visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, guru, murid, sarana prasarana, pembiayaan, seta evaluasi pendidikan dan pengajaran sudah ada. Pendidikan yang dilakukan oleh Rasululloh SAW tergolong berhasil dengan baik. Adapun dalam pendidikan agama Islam masa modern juga telah menerapkan berbagai komponen-komponen pokok diantaranya yaitu tujuan pendidikan, sasaran pendidik, materi, lingkunagn pendidikan serta alat pendidikan. Perbandingan antara pendidikan masa Rasululloh SAW dengan masa modern bukanlah terletak pada metode ataupun pedagogik serta andragogik, melinkan terfokus pada satu titik yaitu kemurnian materi pendidikan Islam yang disampaikan dengan alasan mengikuti perkembangan zaman, sedangkan dalam Islam tida ada ceritanya Islam harus mengikuti tuntutan zaman karena Islam telah sempurna bahkan zamanlah yang seharusnya mengikuti tuntutan Islam.
Kata Kunci : Pendidikan, Islam, Rasululloh, Modern, Perbandingan
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F. 085
|
Penerbit | PENERBIT INFORMAIKA : Malang., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 96 hlm ; 20 x 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain