Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN CIPANGAON DESA LINGGALAKSANA KECAMATAN CIKATOMAS
Penanda Bagikan

Text

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN CIPANGAON DESA LINGGALAKSANA KECAMATAN CIKATOMAS

ARIP - Nama Orang;

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN CIPANGAON DESA LINGGALAKSANA KECAMATAN CIKATOMAS
Gangguan dalam berkonsentrasi sering dialami oleh para siswa pada saat kegiatan belajar mengajar. Siswa yang mengalami gangguan dalam berkonsentrasi tidak akan bisa memusatkan pikiran dan perhatiannya selama belajar. Masalah tersebut akan berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi menjadi rendah, terlebih lagi jika materi tersebut merupakan materi yang kompleks seperti materi-materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, peran guru menajdi faktor yang penting untuk menentukan peningkatan dan keberhasilan siswa dalam belajar mata pelajaran PAI. Rumusan masalah penellitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar, dan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah antara lain (1) mengetahui peran guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan gangguan konsentrasi belajar siswa, dan (3) mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi gangguan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data didapat dengan menggunakan beberapa teknik pengumpul data. Melakukan observasi atau pengamatan langsung pada saat kegiatan pembelajaran, melakukan wawancara dengan guru PAI. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data pendukung penelitian.Dalam penelitian ini, triangulasi sumber data dan kajian teori digunakan untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa pada saat mengikuti pelajaran PAI dikelas cukup baik. Hal tersebut dikarenakan guru bisa menyesuaikan dengan keadaan siswa dengan menggunakan metode sehingga siswa tetap bisa memfokuskan pikiran dan perhatiannya secara penuh pada kegiatan pembelajaran. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terganggunya konsentrasi belajar, yaitu disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi (1) rendahnya motivasi siswa dalam belajar 92) kebiasaan siswa tidak sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi (1) pemilihan metode pengajaran yang kurang tepat oleh guru, (2) teman sejawat yang selalu mengganggu pembelajaran, (3) suara gaduh dari siswa lainnya pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Solusi yang telah dilakukan guru PAI di SDN Cipangaon adalah dengan melakukan komunikasi pemberian penegasan, dan melakukan variasi pembelajaran.
Kata Kunci : Konsentrasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, SDN Cipanagon


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
F. 098
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2019
Deskripsi Fisik
X, 58 hlm ; 20 x 30
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Puasa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?