Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN CIPANGAON DESA LINGGALAKSANA KECAMATAN CIKATOMAS
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN CIPANGAON DESA LINGGALAKSANA KECAMATAN CIKATOMAS
Gangguan dalam berkonsentrasi sering dialami oleh para siswa pada saat kegiatan belajar mengajar. Siswa yang mengalami gangguan dalam berkonsentrasi tidak akan bisa memusatkan pikiran dan perhatiannya selama belajar. Masalah tersebut akan berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi menjadi rendah, terlebih lagi jika materi tersebut merupakan materi yang kompleks seperti materi-materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, peran guru menajdi faktor yang penting untuk menentukan peningkatan dan keberhasilan siswa dalam belajar mata pelajaran PAI. Rumusan masalah penellitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar, dan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah antara lain (1) mengetahui peran guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan gangguan konsentrasi belajar siswa, dan (3) mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi gangguan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data didapat dengan menggunakan beberapa teknik pengumpul data. Melakukan observasi atau pengamatan langsung pada saat kegiatan pembelajaran, melakukan wawancara dengan guru PAI. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data pendukung penelitian.Dalam penelitian ini, triangulasi sumber data dan kajian teori digunakan untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa pada saat mengikuti pelajaran PAI dikelas cukup baik. Hal tersebut dikarenakan guru bisa menyesuaikan dengan keadaan siswa dengan menggunakan metode sehingga siswa tetap bisa memfokuskan pikiran dan perhatiannya secara penuh pada kegiatan pembelajaran. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terganggunya konsentrasi belajar, yaitu disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi (1) rendahnya motivasi siswa dalam belajar 92) kebiasaan siswa tidak sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi (1) pemilihan metode pengajaran yang kurang tepat oleh guru, (2) teman sejawat yang selalu mengganggu pembelajaran, (3) suara gaduh dari siswa lainnya pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Solusi yang telah dilakukan guru PAI di SDN Cipangaon adalah dengan melakukan komunikasi pemberian penegasan, dan melakukan variasi pembelajaran.
Kata Kunci : Konsentrasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, SDN Cipanagon
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F. 098
|
Penerbit | PENERBIT INFORMAIKA : Malang., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 58 hlm ; 20 x 30
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain