Detail Cantuman
Advanced Search
Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI PUI SINDANGWARGI 1 CILAMAJANG KAWALU KOTA TASIKMALAYA
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI PUI SINDANGWARGI 1 CILAMAJANG KAWALU KOTA TASIKMALAYA
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Penelitian dan kajian skripsi ini bertujuan: untuk mengumpulkan data yang akurat dan dapat dipercaya, untuk menggali data tentang 1. Bagaimana model pembelajaran Tadzkirah pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI PUI Sindangwari 1 Cilamajng, Kawalu Kota Tasikmalaya ? Bagaimana implementasi model pembelajaran Tadzkirah dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa kelas V pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI PUI Sindangwari 1 Cilamajng, Kawalu Kota Tasikmalaya ?. 3. Apa saja hambatan dan solusi dalam penerapan model pembelajaran Tadzkirah pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MI PUI Sindangwari 1 Cilamajng, Kawalu Kota Tasikmalaya ?
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan openelitian dilapangan. Dalam menetapkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data yaitu : teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pertimbangan.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut : dalam implementasi model pembelajaran Tadzkirah dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa Kelas V di MI PUI Sindangwari 1 Cilamajng, Kawalu Kota Tasikmalaya pada dasarnya saat ini sudah berjalan, dari pihak guru sudah banyak mengalami perubahan, yang awalnya dalam mengajar banyak menagalmi kesulitan namun dengan menggunakan model pembelajaran tadzkirah lebih mudah dipahami dan diterima para siswa, sehingga siswa mampu menerapkan materi yang diterima pada kehidupan sehari-hari. Adapun perannya dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa sudah mulai mengalami perubahan yang signifikan.
Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Tadzkirah, kemampuan Afektif, Mata pelajaran Akidah Akhlak
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F. 100
|
Penerbit | PENERBIT INFORMAIKA : Malang., 2019 |
Deskripsi Fisik |
X, 65 hlm ; 20 x 30 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain