Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENJAWAB SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI KELAS XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA
Penanda Bagikan

Text

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENJAWAB SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI KELAS XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA

Nining Nursilah - Nama Orang;

NINING NURSILAH. 1601084. HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENJAWAB SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUQN HADITS DI KELAS XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA.
Penelitian ini bertolak dari penomenayang muncul di MA AD-DAHRIYAH Taman sari kota Tasikmalaya, yaitu adanyan penomena yang menunjukan tingginya kebiasaan menjawab siswa dlam pembelajaran, sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist rendah. Dari melihat penomena tersebut, penulis ingin mengetahui bagaimana sebenarnya realitas antara kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist dikelas XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALATA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelasional. Korelasional bertujuan untuk menentukan ada tidak nya hubungan, dan seberapa jauh hubungan diantara dua variabel (yang dapat di ukur) atau lebih. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadidst, adapun tujuan pokoknya untuk mengetahui hubungan kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist. Penelitian ini di dasarkan pada pemikiran bahwa siswa terbiasa menjawab akan lebih aktif dalam memahami materi pelajaran dan sebagi umpan balik pembelajaran, maka diharapkan prestasi belajar siswa pun akan tinggi. Dari asumsi tersebut dapat di tarik hipotesis, yaitu semakin tinggi kebiasaan menjawab maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadist dan sebaliknya semakin rendah kebiasaan menjawab maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan angket dalam memperoleh data kuantitatif. Angket di sebarkan dalam 30 siswa yang berasal dari XI MA AD-DAHRIYAH KOTA TASIKMALAYA. Hasil penelitian kebiasaan menjawab siswa berada dalam kriteria tinggi, yaitu sebesar 3,82 yang berada dlam interpal 3,5 sampai 4,5. Sedangkan prestasi belajar siswa pada pelajaran al-quran hadist berada dalam kriteria tinggi yaitu sebesar 3,83 yang berada dalam interval 3,5-4,5. Adapun analisis hubungan mengenai hubungan variabel sebesar 0,70 dan termasuk hubungan tinggi yang berada dalam interval 0,60-0,80. Sesuai data yang didapatkan dari penelitian dengan menggunakan uji analisis data yaitu normalitas makan data yang didapatkan berdistribusi normal dengan nilai 0,841 > a maka ho diterima. karena data normal maka langkah selanjutnya yang meneliti lakukan ialah dengan menggunakan analisis data uji korelasi, dari hasil SPSS di peroleh 0,904 > a maka ho di terima yang berarti berada pada kriteria tinggi sekali karena berada pada interval 0,80 - 1,00 artinya ada hubungan yang signifikan anatara kebiasaan menjawab siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran al-quran hadist di MA AD-DAHRIYAH TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA
Kata kunci : keaktipan menjawab, prestasi belajar.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi G061
G061
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
G061
Penerbit
Malang : PENERBIT INFORMAIKA., 2020
Deskripsi Fisik
ill,21,5 x 30cm;82Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?