Detail Cantuman
Advanced SearchText
PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE FORMS PADA SISWA KELAS IV SD LABORATORIUM UPI KAMPUS TASIKMALAYA
Dunia pendidikan mengalami dampak dari pandemi covid 19, terutama terhadap sistemnya. sehingga sistem pembelajaran berubah dari PTM menjadi PJJ yang dilakukan dalam jaringan internet atau biasa disebut Daring (dalam jaringan).hal ini juga terjadi di SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya. Sistem pembelajran ini diterapkan di seluruh kelas dan di seluruh bidang mata pelajaran tanpa terkecuali di kelas VI khususnya pada mata pelajaran PAI. Berbagai macam LMS telah diuji coba digunakan di kelas VI untuk proses pembelajaran PAI dan evaluasi pembelajaran secara daring. Diantara LMS yang digunakan untuk pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI secara daring di kelas VI SD Laboratorium UPi Kampus Tasikmalaya yakni dengan menggunakan google classroom dan google forms. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandinagn efektifitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI Sistem daring melalui aplikasi google classroom dan google forms pada siswa kelas VI SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model pendekatan dekskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan trianguasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman yang komponen kerjanya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran PAI dan evaluasi pembelajaran PAI sistem daring melalui aplikasi google classroom dan google forms pada siswa kelas VI SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya berjalan lancar walaupun dalam awal penggunaannya membutuhkan pengenalan dan penyesuaian. DImana dalam evaluasi pembelajarannya dengan Google classroom peserta didik kurang respon dibandingkan ketika menggunakan Google forms. Sehingga Google forms lebih efektif digunakan untuk evaluasi pembelajaran PAI secara daring di Kelas VI SD Laborarium UPI Kampus Tasikmalaya
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
H003
|
Penerbit | STAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2021 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
H003
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain