Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA NURUL HUDA KUBANGHURANG
ABSTRAK
Daris Nur Alam, 2020 Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Penelitian di Kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang Padakembang Tasikmalaya. Skripsi, prodi Pendidikan Agama Islam , Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya , Pembimbing I : Asep Wildan , M.Pd. Pembimbing II : Wildan Mahmudin , M.Pd. penelitian ini dilatar belakangi adanya kekurangan dalam peran Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Penelitian di Kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang. Dengan kurangnya peran Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik di Kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang maka secara otomatis akan mempengaruhi keberhasilan dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik di kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang. Oleh karena itu peran guru BK dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik penelitian dikelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang layak untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sarana MA Nurul Huda Kubanghurang , pembiasaan MA Nurul Huda Kubanghurang dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang. Untuk mengetahui sarana dan pembiasaan serta guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik di Kelas XI MA Nurul Huda KubangHurang, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Secara garis besar tahapan penelitian ini meliputi (a) Penelitian pendahuluan , yakni mengidentifikasi keunggulan motivasi berprestasi di kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang , (b) Melakukan pengumpulan data dengan melakukan teknik wawancara , observasi dab studi dokumentasi tentang sarana , pembiasaan dan peran guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik di Kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang, (c) Mendeskripsikan serta membahas hasil penelitian yang didapatkan dari hasil wawancara, observasi studi dokumentasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa. (1) Peran guru Bk dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik adalah sarana ibadah , olahraga, perpustakaan dan ruang elektronik. (2) Motivasi berprestasi peserta didik dikelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang adalah pembiasaan mendengarkan tausiah tiap hari jumat , membaca asmaul husna dan shalat duha bersama . (3) Faktor mendukung peran guru BK dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik di kelas XI MA Nurul Huda KJubanghurang adalah melengkapi sarana bakat-bakat peserta didik yang ada di kelas XI MA Nurul Huda Kubanghurang. Faktor menghambat dari dalam adalah tidak adanya benteng permanen sehingga mengakibatkan pulang dan masuk sekolahnya peserta didik tidak disiplin, faktor dari luar banyaknya korban penceraian orangtua yang membuat nakalnya anak tidak ketulungan.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
H097
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2021 |
Deskripsi Fisik |
x,79hlm;21x530cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain