Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL-QUR'AN SURAT AL-HUJURAT (KAJIAN AYAT9-13)
ABSTRAK
ANGGIH SAPUTRRA NIM.1702093. Pendidikan multikultur perspektif al-quran surat al-hujurat ayat 9-13
Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan solusi mengenai konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Solusi yang tidak terlepas dari al-quran sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Pendidikan multikultur dirasa relavan dengan al-quran yang mengandung nilai-nilai universal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui niali-nilai pendidikan multikultur yang terkandung dalam al-quran surat al-hujurat ayat 9-13 , mengetahui implementasi multikultur dalam pendidikan islam . Penelitian ini adalah library research , yaitu penelitian dimana objek penelitiannya digali lewat berbagai sumber kepustakaan . Untuk membahas permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini , penulis menggunakan pendekatan kajian tafsir maudhu'i. Metode ini digunakan untuk menganalisis ayat-ayat membicarakan tema yang sama, kemuadian penulis kaikan dengan paparan mengenai pendidikan multikultur. Sehingga ditemukan titik temu , bahwa al-quran pun telah menjelaskan nilai-nilai multikulturalisme yang terkristal didalamnya. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang berbasis kenekaragaman. Perbedaan suku,ras ,agama sampai kepada perbedaan kelas ekonomi sosial , semua berhak mendapatkan hak-haknya sebagai manusia , mahluk allah yang paling sempurna . Karena al-quran telah menjelaskan bahwa orang-orang yang bertaqwalah yang paing mulia disisinya. Allah senantiasa memerintahkan untuk selalu menghimpun persatuan , karena semua manusia merupakan manusia merupakan saudara,oleh sebab itu manusia dilarangan melakukan hal-hal buruk yang mengakibatkan perpecahan. Kemudian allah menjelaskan prinsip dasar hubungan bersosial kepada seluruh manusia. Nilai-nilai multikulutal yang terkandung dalam lima ayat tersebut adalah; memupuk persudaraan dalam perbedaan, saling menghargai dan menghormati, menjauhkan diri dari prasangka, bersikap terbuka, menumbuh kembangan sikap inklusif, membangun sikap toleransi dan meningkatkan ketaqwaan terhadap alloh SWT. dalam perwujudannya, pendidikan multi kultural daapat di sajikan dalam bentuk pembelajaran. di intregasikan dengan pendidikan agama islam dan pendidikan agama islam.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
H113
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2021 |
Deskripsi Fisik |
x,98hlm;21,5x30cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain