Image of CARA MUDAH & CEPAT MENGHAFAL AL-QUR'AN

Text

CARA MUDAH & CEPAT MENGHAFAL AL-QUR'AN



BAGAIMANA CARA ANADA MENGHAFALNAL-QUR'AN? (PRINSIP DASAR DAN METODE PRAKTIS)

MUQADDIMAH CETAKAN KEDUA

KATA SAMBUTAN
Syaikh Abdullah Ali Bashfar
Syaikh al-Muqri Abdul Ghaffar bin Abdul Fattah ad-Durubi al-Himshi
Syaikh al-Muqri Sa'id Abdullah al-Muhammad
Al-Muqei'Ustadz al-Muhaqqiq Syaikh Aiman Rusydi Suwaid

MUQADDIMAH CETAKAN PERTAMA

BAB I
Pendahuluan
Pembahasan Pertama
Penjagaan Allah Terhadap al-Qur'an dalam Hal Susunan-susunannya serta segala Sisi dan Aspeknya
1. Penjagaan Allah terhadap al-Qur'an di Lauh Mahfuzh
2. Penjagaan Allah terhadap al-Qur'an dalam jalur penyampaiannya kepada Sayyid kita,Muhammad
3. Penjagaan Allah terhadap al-Qur'an dalam hati Nabi dan mengumpulkannya di dalam hati beliau yang mulia
4. Penjagaan Allah terhadap al-Qur'an tatkala Rasulullah menyampaikan dan mebacakannya kepada manusia; ia terhindar
dari penyisipan dan penyimpangan
5. Penjagaan Allah terhadap al-Qur'an setelah Nabi selesai menyampaikannya, serta menjadikannya terpelihara dan
terlindungi hingga hari kiamat
Pembahasan Kedua
Keutamaan Menghafal dan Tekun Membaca al-Qur'an

Pembahasan Ketiga
Kewajiban Melakukan Muraja'h dan Mengingat-ingat Lagi Hafalan al-Qur'an serta Ancaman bagi Orang yang Meninggalkan dan Melupakannya

Pembahasan Keempat
Syarat-syarat Menuntut Ilmu Menurut Ulama Salaf

BAB II
Kaidah-kaidah Umum dan Prinsip-prinsip Dasar Menghafal al-Qur'an

Kaidah Pertama
Ikhlas Adalah Rahasia untuk Mendapatkan Taufiq dan Dibukakannya Hati Oleh Allah

Kaidah Kedua
Menghafal di Waktu Kecil Bagaikan Mengukir di Atas Batu

Kaidah Ketiga
Memilih Waktu yang Tepat untuk Membantu Menghafal

Kaidah Keempat
Memilih Tempat yang Baik untuk Menghafal

Kaidah Kelima
Senandung dan Bacaan yang Baik dengan Suara yang Bisa Terdengar Dapat Menguatkan Hafalan Ayat-ayat al-Qur'an dalam Ingatan

Kaidah Keenam
Hanya Menggunakan Satu Cetakan Mushaf al-Qur'an

Kaidah Ketujuh
Memperbaiki Bacaan Lebih Didahulukan daripada Menghafal

Cara Paling Ideal untuk Menghafal al-Qur'an bagi yang Berbahasa Selain Bahasa Arab

Kaidah Kedelapan
Proses Menyambung Ayat Dapat Menguatkan Hafalan

Kaidah Kesembilan
Aktivitas Mengulang-ulang Bacaan Dapat Menjaga Hafalan Baru Agar Tidak Keliru dan Hilang
A. Pengulangan dengan membaca hafalan di dalam hati secara tersembunyi
B. Pengulangan bacaan dengan mengeraskan suara dan membaca hafalan secara utuh

Kaidah Kesepuluh
Menghafal Setiap Hri Secara Rutin Lebih Baik Daripada Menghafal Secara Tidak Rutin

Menghafal Kesebelas
Menghafal Secara Perlahan dan Teratur Lebih Baik Daripada Menghafal Secara Cepat dan Tergesa-gesa

Kaidah Kedua belas
Memusatkan Perhatian pada Ayat-ayat yang Hampir Sama dapat Mencegah Tercampurnya Hafalan

Kaidah Ketiga Belas
Pentingnya Menjaga Hubungan dengan Guru

Kaidah Keempat Belas
Memusatkan Pandangan pada Tulisan Ayat-ayat di Mushaf ketika Menghafal

Kaidah Kelima Belas
Menggabungkan antara Menghafal dan Membaca al-Qur'an dengan Mengamalkannya,serta Selalu Mengerjakan Ketaatan dan Meninggalkan Maksiat

Kaidah Keenam Belas
Muraja'ah (Mengulangi Hafalan) Secara Rutin Dapat Mengekalkan Hafalan

Kaidah Ketujuh Belas
Pemahaman Sempurna Merupakan Jalan Menghafal secara Sempurna

Kaidah Kedelapan Belas
Dorongan Kuat dan Motivasi yangn Lurus Untuk Menghafal al-Qur'an

Kaidah Kesembilan Belas
Bersandar kepada Allah dengan cara Berdo'a,Berdzikir,dan memohon Bantuan-Nya

BAB III
Metode-metode Praktis dan Sarana-sarana yang dapat Membantu Seseorang Untuk Menghafal al-Qur'an

Metode Pertama
Metode yang Paling Ideal dalam Menghafal al-Qur'an (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

Metode Kedua
Menghafal Bersama Teman

Metode Ketiga
Memanfaatkan Waktu yang Terbuang Sia-sia Sewaktu Berada di Kendaraan

Metode Keempat
Metode Menghafal bagi Para Pekerja

Metode Kelima
Mendenagarkan al-Qur;an Melalui Alat Perekam

Metode Keenam
Menghafal dengan Cara Merekam suara Anda Sendiri

Metode Ketujuh
Anak-anak yang Masih Kecil Menghafal dengan Merekam suara Mereka

Metode Kedelapan
Mengingat Hafalan dengan Tulisan

Metode Kesembilan
Memanfaatkan Papan Tulis di Rumah

Metode Kesepuluh
Menghafal al-Qur'an dengan Menggunakan Lauh

Metode Kesebelas
Membangkitkan Semangat dengan cara Mengikuti Perlombaan,Memberikan Hadiah,dan Penghargaan

Metode Kedua Belas
Metode Menghafal al-Qur'an dari Akhir Halaman

Metode Ketiga Belas
Menghafal Halam al-Qur'an Baris demi Baris

Metode Keempat Belas
Memanfaatkan Video Kamera Untuk Merekan Suara dan Gambar Bacaan al-Qur'an

Metode Kelima Belas
Menghafal al-Qur'an dengan Bantuan Komputer

Metode Keenam Belas
Mengiringi Hafalan al-Qur'an dengan Momen-Momen Tertentu

Metode Ketujuh Belas
Mengiringi Hafalan Baru dengan Peristiwa-peristiwa Tertentu yang Mengesankan

Metode Kedelapan Belas
Menghubungkan Hafalan Ayat dengan Benda-Benda di Sekitar Kita

Metode Kesembilan Belas
Bersandar kepada Pemahaman Ayat-ayat

Metode Keduapuluh
Metode Menghafal al-Qur'an Untuk Tuna Netra

Metode Keduapuluh Satu
Menghafal al-Qur'an dengan Metode Halaqah Tahfizh di Masjid

Metode Keduapuluh dua
Metode Dawaran

Metode Keduapuluh Tiga
Metode Uzbekistan

Metode Keduapuluh Empat
Metode Turki

Metode Keduapuluh Lima
Mengaitkan Ayat-ayat dengan Kisah-kisah Nyata atau Gambaran Peristiwa

BAB IV
Muraja'ah dan Mudarasah Serta Mengokohkan Hafalan
Teknik Pertama : Melakukan Mujara'ah Sendiri
Teknik Kedua : Melakukan Mujara'ah Bersama Orang Lain

Bentuk-bentuk Mujara'ah yang Unik
1. Mujara'ah ala Maroko
2. Mujara'ah da-iriyyah
3. Mujara'ah ala narapidana
4. Guru mendengarkan setoran hafalan lebih dari seorang murid pada waktu yang bersamaan

BAB V
Pesan-pesan dan Catatam-catatan Penting
Pembahasan Pertama : Pesan dan Catatan-catatan Khusus bagi Orang yang Telah Menamatkan Hafalan al-Qur'an
Pembahasan Kedua : Pesan dan Catatan-catatan Umum bagi Ahli al-Qur'an,Penuntut Ilmu,dan Selain mereka dari kalangan
para Pemuda dan Pemula


Ketersediaan

2x1YAHp2x1 YAH pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x1 YAH p
Penerbit PUSTAKA IMAM ASY-SYAFI\'I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
vii,226 hlm; 23,1 x 15 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya