Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi
BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian Karakter, Akhlak, Moral, Budi Pekerti, dan Etika
B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Karakter, Akhlak, Moral, Budi Pekerti, dan Etika Manusia
BAB II
KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian Pendidikan Karakter
B. Urgensi, Tujuan, Fungsi dan Media Pendidikan Karakter
C. Nilai-nilai Karakter yang Dikembangkan
D. Prinsip-prinsip Pendidikan Karakter
E. Ciri Dasar Pendidikan Karakter
F. Tahapan Pengembangan Karakter Siswa
BAB III
FITRAH DAN KEPRIBADIAN MANUSIA
A. Hakikat Fitrah Manusia
1. Konsep Fitrah dalam Al-Qur'an
2. Konsep Fitrah dalam Al-Sunnah
B. Hakikat Kepribadian Manusia
C. Dimensi-dimensi Manusia
D. Akhlak sebagai Hakikat Kepribadian Manusia
E. Pembinaan dan Kesempurnaan Akhlak dan Kepribadian Manusia
BAB IV
METODE DAN PENDEKATAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian Metode Pendidikan
B. Ragam Metode Pendidikan Karakter
1. Metode Hiwar atau Percakapan
2. Metode Qishah atau Cerita
3. Metode Amstal atau Perumpamaan
4. Metode Uswah atau Keteladanan
5. Metode Pembiasaan
6. Metode 'Ibrah dan Mau'idah
7. Metode Targhib wa Tarhib (Janji dan Ancaman)
C. Pemberdayaan dan Pembudayaan
D. Penguatan
BAB V
PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian Pengembangan Kurikulum
B. Komponen-komponen Pengembangan Kurikulum
C. Fungsi dan Kedudukan Kurikulum dalam
D. Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
E. Desain dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
BAB VI
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUKSESKAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SATUAN PENDIDIKAN
A. Pengertian Kepemimpinan
B. Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah
C. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
D. Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah
E. Peran Kepala Sekolah dalam Menyukseskan Implementasi Pendidikan Karakter
BAB VII
STRATEGI DALAM MENYUKSESKAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian Strategi
B. Prinsip-prinsip Strategi
C. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Tingkat Pusat.
D. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Tingkat Pemerintah Daerah
E. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter di Tingkat Satuan Pendidikan
F. Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Sosialisas
G. Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan
H. Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pemberdayaan
I. Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pembudayaan
J. Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Kerja Sama
BAB VIII
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SECARA TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN
A. Pengertian
B. Standar Kompetensi Lulusan dan Nilai Karakter yang Dikembangkan
C. Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP)
D. Penjabaran Nilai-nilai Karakter dalam Mata Pelajaran
E. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran
1. Perencanaan Pembelajaran
2. Pelaksanaan Pembelajaran
3. Kegiatan Inti
4. Kegiatan Penutup
5. Evaluasi Pembelajaran
6. Tindak Lanjut Pencapaian Pembelajaran
BAB IX
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTERTA DALAM MANAJEMEN SEKOLAH
A. Pengertian Manajemen Sekolah
B. Konsep Manajemen Sekolah yang Berkarakter
C. Prinsip-prinsip Implementasi Manajemen Sekolah Berkarakter
D. Implementasi Manajemen Sekolah Berkarakter
E. Integrasi Nilai-nilai Karakter dalam Perencanaan Program
F. Integrasi Nilai-nilai Karakter dalam Pelaksanaan Program
BAB X
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTEGRASI DALAM PEMBINAAN KESISWAAN
A. Pengertian Pembinaan Kesiswaan
B. Nilai-nilai Karakter yang Diintegrasikan dalam Pembinaan Kesiswaan
C. Jenis-jenis Program Pembinaan Kesiswaan dalam Rangka Implementasi Pendidikan Karakter
1. Masa Orientasi Peserta Didik
2. Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Tuhan YME
3. Organisasi Siswa Intra Sekolah
4. Kepramukaan
5. Penegakan Disiplin dan Tata Tertib Sekolah
6. Tujuan Adanya Aturan Tata Tertib Sekolah 7. Upacara Bendera
8. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
9. Palang Merah Remaja (PMR)
10. Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (P3N)
11. Pembinaan Bakat dan Minat
BAB XI
PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pengertian Silabus Pembelajaran
B. Manfaat Silabus dalam Pembelajaran
C. Komponen-Komponen Silabus
D. Pengembang Silabus
E. Prinsip-prinsip Pengembangan Silabus
F. Langkah-langkah Pengembangan Silabus G. Tahapan Pengembangan Silabus
H. Model Silabus dalam Implementasi Pendidikan
Karakter
BAB XII
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI
PENDIDIKAN BERKARAKTER
A. Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
B. Fungsi RPP dalam Implementasi Pendidikan Karakter
C. Prinsip-prinsip Pengembangan RPP Berkarakter
D. Komponen-komponen RPP
E. Langkah-langkah Pengembangan RPP
F. Model-model RPP
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PENULIS
LAMPIRAN
Ketersediaan
370114HERp | 370.114 HER p | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
370.114 HER p
|
Penerbit | Alfabeta Bandung : Bandung., 2022 |
Deskripsi Fisik |
xvi + 392 halaman 16 x 24 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-9328-51-6
|
Klasifikasi |
370.114
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain