Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Rangkuman Ilmu Kependidikan
Penanda Bagikan

Text

Rangkuman Ilmu Kependidikan

Ngubaidillah - Nama Orang;

BAB 1
PEMBELAJARAN
A. Memaknai Belajar dan Pembelajaran
B. Gaya Belajar
C. Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegensi)
BAB 2
GURU
A. Kompetensi Guru
B. Organisasi Guru
BAB 3
TEORI PEMBELAJARAN
A. Behaviourisme
B. Kognitivisme
C. Konstruktivisme
D. Sibernetik
E. Gagne
F. Skinner
G. Humanisme
H. Belajar Sosial
I. Teori Belajar Pavlov
J. Teori Belajar Gestalt
K. Teori Belajar Ausubel
BAB 4
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
A. Pendekatan yang Berpusat pada Guru (Teacher-Centered Approaches)
B. Pendekatan yang Berpusat pada Siswa (Student-Centered Approaches)
C. Pendekatan Saintifik (Scientific Approaches)
D. Pendekatan Realistik - Realistic Mathematic Education (RME)
BAB 5
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
A. Model Pembelajaran Inquiry
B. Discovery Learning
C. Model Pembelajaran Kontekstual
D. Model Pembelajaran Ekspositori
E. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)
F. Model Pembelajaran Kooperatif
G. Model pembelajaran PAIKEM
H. Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning)
I. Model Pembelajaran Terpadu
J. Model pembelajaran kelas rangkap (PKR)
K. Model pembelajaran portofolio
L. Model pembelajaran tematik
M. Jigsaw Proscedure (JP)
N. Student Team Achievement Divisions (STAD)
O. Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning)
BAB 6
STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
B. Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)
C. Strategi Pembelajaran Interaktif
D. Strategi Pembelajaran Mandiri
BAB 7
METODE PEMBELAJARAN
A. Metode Ceramah
B. Metode Tanya- Jawab
C. Metode Resitasi
D. Metode Praktik dan Drill
E. Metode Diskusi
F. Metode Jigsaw
G. Metode Investigasi
H. Metode Inquiry (Penemuan)
I. Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)
J. Metode Mind Mapping 'Pemetaan Pikiran'. K. Metode Student Team- Achievement Devisions (STAD)
L. Metode Team-Game-Tournament (TGT) M. Metode Numbered Heads Together
N. Metode Make- A Match (Mencari Pasangan)
O. Metode Think Pair and Share
P. Metode Role Playing 'Bermain Peran'
BAB 8
MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Media Pembelajaran
B. Istilah Lain Media Pembelajaran
C. Macam-macam media pembelajaran
D. Fungsi Media Pembelajaran
E. Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana
F. Pemilihan Media Pembelajaran
BAB 9
PEMBELAJARAN DARING
A. Aplikasi Chatting/Media Obrolan
B. Search Engine/ Mesin Pencari
C. Situs Penyedia Pembelajaran Online
D. Video Conference / Pertemuan Online / Kelas Online
E. Quis Maker/Pembuatan Kuis/Pembuatan Tes dan Polling
F. Cloud Storage/Media Penyimpanan Data Online
G. Media Publikasi
H. Media Berselancar.
I. Microsoft
BAB 10 KURIKULUM
A. Fungsi Kurikulum
B. Peranan Kurikulum
C. Komponen Kurikulum
D. Prinsip Pengembangan Kurikulum
E. Jenis Kurikulum di Indonesia
BAB 11
KURIKULUM 2013
A. Ciri Umum K13
B. Model Pembelajaran yang Sesuai dengan K13
C. Analisis SKL (Standar Kompetensi Lulusan)
D. KI, KD, dan Indikator
BAB 12
SILABUS
A. Pengertian Silabus
B. Komponen Silabus
C. Prinsip Penyusunan Silabus
D. Penyusun dan Pengembang Silabus
E. Langkah Penyusunan Silabus
BAB 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Komponen RPP
B. Tujuan dan Manfaat RPP
C. Prinsip Penyusunan RPP
D. Langkah Pengembangan RPP
E. RPP 1 Lembar
F. Tujuan Pembelajaran
BAB 14
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
A. Fungsi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
B. Tingkatan KKM
C. Langkah Penentuan KKM
D. Unsur Pokok Penentuan KKM
E. Cara Penghitungan KKM
F. Interval Predikat KKM
BAB 15
MATERI PEMBELAJARAN
A. Kriteria Penyeleksian dan Pemilihan Materi Pembelajaran
B. Pola Pengembangan Materi Pembelajaran C. Langkah memilih materi pembelajaran
D. Prinsip Pemilihan Materi
BAB 16
PENILAIAN PEMBELAJARAN.
A. Memaknai Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
B. Tujuan Penilaian
C. Pendekatan Penilaian
D. Prinsip Penilaian
E. Aspek Penilaian
F. Macam-macam Penilaian
G. Teknik Penilaian
H. Jenis Evaluasi
I. Prosedur Penilaian
J. Instrumen Penilaian Bentuk Tes
K. Instrumen Penilaian Bentuk Non Tes
L. Skala Pengukuran
M. Syarat Kenaikan Kelas
N. Rapot
O. Simulasi Penilaian
P. PAP dan PAN
Q. Sejarah Perubahan Ujian Nasional
BAB 17
TAKSONOMI BLOOM
A. Ranah Kognitif
B. Ranah Afektif
C. Ranah Psikomotor
BAB 18
DIMENSI PENGETAHUAN
A. Pengetahuan Faktual
B. Pengetahuan Konseptual
C. Pengetahuan Prosedural
D. Pengetahuan Metakognitif
BAB 19
LOTS, MOTS, DAN HOTS
A. Pengertian
B. Karakteristik HOTS Soal
C. Tingkatan Berpikir/Level Kognitif
D. Langkah membuat HOTS Soal
BAB 20
KAIDAH PENYUSUNAN SOAL
A. Langkah Penulisan Tes
B. Menentukan Tujuan Tes
C. Penyusunan Kisi-Kisi
BAB 21
PENGAYAAN DAN REMIDIAL
A. Pengayaan
B. Remidial
BAB 22
KESULITAN BELAJAR
A. Klasifikasi Kesulitan Belajar
B. Macam-Macam Kesulitan Belajar
C. Sumber Kesulitan Belajar
D. Jenis Gangguan Belajar
E. Cara Mengatasi Kesulitan Belajar
F. Pendekatan Indentifikasi Kesulitan Belajar
BAB 23
KALENDER PENDIDIKAN DAN KALENDER AKADEMIK
A. Fungsi Kalender Pendidikan
B. Komponen Kalender Pendidikan
C. Ketentuan Penetapan Kalender Pendidikan
D. Langkah-langkah Penyusunan Kalender Pendidikan
BAB 24
PROGRAM TAHUNAN (PROTA) DAN PROGRAM SEMESTER (PROSEM)
A. Program Tahunan (PROTA)
B. Program Semester (PROSEM)
C. Alokasi Waktu Dalam Kalender Pendidikan
D. Alokasi Waktu Dalam Pembelajaran
BAB 25
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
A. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
B. Karakteristik dan Prinsip Penelitian Tindakan Kelas
C. Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas
D. Model-model Penelitian Tindakan Kelas
E. Jenis Penelitian Tindakan Kelas
BAB 26
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
A. Perkembangan Kognitif
B. Perkembangan Fisik
C. Perkembangan Sosial
D. Perkembangan Emosi
E. Perkembangan Moral
F. Perkembangan Spiritual
BAB 27
KOMUNIKASI PENDIDIKAN
A. Pengertian
B. Fungsi Komunikasi
C. Komponen Komunikasi Pendidikan
D. Hambatan Komunikasi Pendidikan
E. Komunikasi Efektif Dalam Pendidikan
F. Jenis-Jenis Komunikasi Dalam Pendidikan
BAB 28
UMPAN BALIK (FEEDBACK)
A. Pengertian Feedback
B. Fungsi Feedback
C. Tingkatan Pemberian Feedback dari Guru
D. Jenis Feeback
BAB 29
REGULASI PENDIDIKAN
A. Undang-Undang (UU)
B. Peraturan Pemerintah (PP)
C. Peraturan Presiden
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas)
DAFTAR PUSTAKA
KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) EDISI REVISI TEORI BLOOM
PROFIL PENULIS


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 370 NGU r
370NGUr
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 NGU r
Penerbit
Yogyakarta : Graha Repubika Cipta., 2021
Deskripsi Fisik
x 15 cm x 23 cm 236 halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?