No image available for this title

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MIS PONDOKRADEN KABUPATEN TASIKMALAYA



Cheu Cheu Sriwulan (1804065). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIS Pondokraden Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Tasikmalaya, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V materi perubahan wujud benda 2 (Mengembun, Menyublim dan Mengkristal) di MIS Pondokraden Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest dan postest dan teknik pengambilaan sampel dengan cluster sampling. Kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan berupa intrumen tes bentuk soal-soal pilihan ganda dan intrumen nontes berupa lembar observasi. Berdasarkan analisis data test, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda 2 (Mengembun, Menyblim dan Mengkristal). Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan uji t. hasilnya adalah hasil uji t kelas eksperimen bahwa Hhining 0,040 dan dan alfa sebesar 5% (0,05). Maka = Hitung >alfa = H, ditolak. 0.040>0.05 maka H, ditolak, Ada perbedaan nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan model pembelajaran PBL dalam mata pelajaran IPA di kelas V MIS Pondokraden Kabupaten Tasikmalaya.


Ketersediaan

I - 012I - 012Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 012
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 44 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya