Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MIS PONDOKRADEN KABUPATEN TASIKMALAYA

CHEU CHEU SRIWULAN - Nama Orang;

Cheu Cheu Sriwulan (1804065). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIS Pondokraden Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Tasikmalaya, 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V materi perubahan wujud benda 2 (Mengembun, Menyublim dan Mengkristal) di MIS Pondokraden Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest dan postest dan teknik pengambilaan sampel dengan cluster sampling. Kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan berupa intrumen tes bentuk soal-soal pilihan ganda dan intrumen nontes berupa lembar observasi. Berdasarkan analisis data test, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda 2 (Mengembun, Menyblim dan Mengkristal). Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan uji t. hasilnya adalah hasil uji t kelas eksperimen bahwa Hhining 0,040 dan dan alfa sebesar 5% (0,05). Maka = Hitung >alfa = H, ditolak. 0.040>0.05 maka H, ditolak, Ada perbedaan nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan model pembelajaran PBL dalam mata pelajaran IPA di kelas V MIS Pondokraden Kabupaten Tasikmalaya.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya I - 012
I - 012
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
I - 012
Penerbit
TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2022
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 44 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?