No image available for this title

Text

ANALISIS IMPLEMENTASI METODE KARYA WISATA SEJARAH ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS III MIS NURUL FALAH KABUPATEN TASIKMALAYA



SOVA MARWATUL SAKINAH (NIM.1804127) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah: "Analisis Implementasi Metode Karya Wisata Sejarah Islam Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas III MIS Nurul Falah Kabupaten Tasikmalaya"

Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah merupakan salah satu madrasah tingkat madrasah yang berada di Kecamatan SalopaKabupaten Tasikmalaya. Madrasah ini menjadi tempat yang paling efektif bagi orang tua untuk menyekolahkan anak-anak nya karena tempatnya lebih dekat dari warga Karyawangi/Salopa, dan anak-anak termotivasi untuk sekolah di MI Nurul Falah karena jarak yang lebih dekat dari rumah. Dan kualitas sekolah, seperti gurunya pun tidak kalah dengan sekolah-sekolah yanh ada di kotaDi MI Nurul Falah siswa siswi masih memiliki motivasi yang rendah dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien tidak akan lepas dari cara atau metode mengajar yang diterapkan oleh seorang guru, salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru adalah menguasai materi yang akan diajarkannnyaDari permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: mengenai penggunaan metode karya wisata dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Nurul Falah

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa MI Nurul FalahTeknik mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tringulasi. Adapun teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode karya wisatai ini baik, penggunaan metode karya wisata ini digunakan semua mata pelajaran, sebelum pelaksanaan karya wisata para siswa dan guru melakukan perencanaan dan bermusyawarah terlebih dahulu, setelah pelaksanaa karya wisata adanya tindak lanjut yaitu para siswa harus melaporkan hasil penelitian, dan apa-apa yang didapat ketika karya wisata. Metode karya wisata merupakan metode yan efektif untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar, karena dapat mengajar motivasi belajar siswa


Ketersediaan

I - 016I - 016Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 016
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 30 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya