No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUALTEACHINGANDLEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DALAM PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL MUBAROK



Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya daya serap peserta didik, sehingga berdampak pada kemampuan pemahaman dan aktivitas siswaTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan aktivitas siswa mengenai materi perpindahan panas pada pelajaran IPA siswa kelas 5 di MI Nurul Mubarok. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di MI Nurul Mubarok dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas 5. Instrument penelitian berupa soal tes hasil belajar dan lembar observasi siswa. Penelitian ini berhasil dilaksanakan dalam 2 siklus tindakanSetiap siklus tindakan mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukan persentase kebehasilan hasil belajar siswa (kemampuan pemahaman) pada siklus I mencapai 62,5% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,5%. Sedangkan hasil penelitian aktivitas siswa menunjukan persentase keberhasilan, pada siklus I mencapai 73,96% pada siklus II 82,63%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL mampu meningkatkan kemampuan pemahaman dan aktivitas siswa


Ketersediaan

I - 018I - 018Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 018
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 113113 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya