Detail Cantuman
Advanced SearchText
PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS III DI MIS NAGARAKASIH 2 KOTA TASIKMALAYA
Indonesia sebagai salah satu negara dengan peringkat literasi yang rendah berdasarkan hasil yang diperoleh dari survei PISA sejak tahun 2000 sampai tahun 2018, hal ini dapat dilihat dari rendahnya literasi siswa di MIS Nagarakasih 2 sehingga menyebabkan kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran, terutama dalam materi aqidah akhlak yang kebanyakan materinya berupa teori yang membutuhkan penerapan kegiatan literasi untuk dapat memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa kelas 3 di MIS Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif, subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas 3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang di bantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 MIS Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya, Tekhnik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dengan pengumpulan data wawancara dan observasi menunjukan bahwa penerapan gerakan literasi sekolah sangat berpengaruh terhadap nilai karakter rasa ingin tahu siswa.
Ketersediaan
I -019 | I -019 | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
I -019
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2022 |
Deskripsi Fisik |
x, 21 cm x 29 cm ; 82 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain