Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV MIS NAGARAKASIH 1 KOTA TASIKMALAYA

NELA NURSHABA - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA materi gaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIS Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design type nonequivalent control group designKelompok eksperimen diberi perlakuan menggunkaan model pembelajaran inquiri, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan model konvensional (ceramah)Penelitian ini dilaksanakan di MIS Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya, sebagai populasi terjangkau dengan sampel penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa pretes-postes dan observasi, dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Model pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA materi gaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 4 MIS Nagarakasih 1 kota Tasikmalaya. Hal ini dapat terlihat dari hasil rata-rata N-Gain kelas yaitu 0,738 eksperimen (model pembelajaran inquiri) lebih tinggi bila dibandingkan rata-rata N- Gain kelas kontrol (konvensional) yaitu 0,440. Dari data tersebut tampak bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; 2) Dari hasil observasi menunjukan bahwa secara keseluruhan (87,4%,- 88,86%) guru telah melaksanakan langkah- langkah penerapan model pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA materi gaya dari awal sampai akhir dengan sangat baik


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya I - 020
I - 020
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
I - 020
Penerbit
TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2022
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 121 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?