No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV MIS NAGARAKASIH 1 KOTA TASIKMALAYA



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA materi gaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIS Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design type nonequivalent control group designKelompok eksperimen diberi perlakuan menggunkaan model pembelajaran inquiri, sedangkan kelompok kontrol dengan menggunakan model konvensional (ceramah)Penelitian ini dilaksanakan di MIS Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya, sebagai populasi terjangkau dengan sampel penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa pretes-postes dan observasi, dengan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Model pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA materi gaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 4 MIS Nagarakasih 1 kota Tasikmalaya. Hal ini dapat terlihat dari hasil rata-rata N-Gain kelas yaitu 0,738 eksperimen (model pembelajaran inquiri) lebih tinggi bila dibandingkan rata-rata N- Gain kelas kontrol (konvensional) yaitu 0,440. Dari data tersebut tampak bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; 2) Dari hasil observasi menunjukan bahwa secara keseluruhan (87,4%,- 88,86%) guru telah melaksanakan langkah- langkah penerapan model pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA materi gaya dari awal sampai akhir dengan sangat baik


Ketersediaan

I - 020I - 020Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 020
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 121 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya