Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV MIS MANARUL HUDA KOTA TASIKMALAYA

RAHMI TSULISTIANI - Nama Orang;

Rahmi Tsulistiani, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Gaya Di Kelas IV MIS Manarul Huda Kota Tasikmalaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Tasikmalaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Manarul Huda Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan media video, sedangkan kelompok kontrol melaksanakan pembelajaran seperti biasa dengan menggunakan metode ceramah.. Penelitian ini dilakanakan di MIS Manarul Huda Kota Tasikmalaya, sebagai populasi terjangkau dengan sampel penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar IPA dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan Bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi gaya di kelas IV MIS Manarul Huda Kota Tasikmalaya, hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (85,59) lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol (72.35) dan Hasil analisis data menunjukan nilai t hitung 3,291 > t tabel 1,746.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya I- 021
I- 021
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
I- 021
Penerbit
TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2022
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 90 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?