Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING (PJBL) PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V MIS NAGARAKASIH 1 KOTA TASIKMALAYA

DINI WIRDIA LESTARI - Nama Orang;

Dini Wirdia Lestari.2022.Penerapan Model Pembelajaran Project Base Learning ( Pjbl) Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Mis Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya

Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa terkadang siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bangun ruang dikarenakan banyaknya simbol-simbol yang sulit dipahami sehingga menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL dalam menghadapi kesulitan belajar siswa, untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PjBL, dan untuk mengimplementasikan tahapan-tahapan model PjBL dalam pembelajaran. Menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi eksperiment dan sampel terdiri dari dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan instrument penelitian berupa tes (pretest dan posttest) dan observasi terhadap proses pembelajaran, penelitian dilakukan di MIS Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PjBL memiliki pengaruh hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang berbeda secara signifikan setelah dianalisis menggunakan SPSS 23 dengan uji Mann-Whitney U-Test, hasil uji menunjukan bahwa skor Sig. = 0,000 < a= 0.05 sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksprimen dan kelas kontrol, karena ada perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa "Ada pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL pada materi bangun ruang di kelas V Madrasah Ibtidaiyyah", Model PjBL pun dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai posttest terhadap nilai pretest pada kelas eksperimen yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji analisis dapat diketahui bahwa skor Sig. - 0,000 a = 0,05 sehingga H0 ditolak. Artinya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Tahapan penelitianpun sesuai dengan sintak model pembelajaran PjBL hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang sesuai dengan tahapan pembelajaran yang sudah terlebih dahulu dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya I -023
I -023
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
I -023
Penerbit
TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2022
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 134 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?