Detail Cantuman
Advanced SearchText
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING (PJBL) PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V MIS NAGARAKASIH 1 KOTA TASIKMALAYA
Dini Wirdia Lestari.2022.Penerapan Model Pembelajaran Project Base Learning ( Pjbl) Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Mis Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya
Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa terkadang siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bangun ruang dikarenakan banyaknya simbol-simbol yang sulit dipahami sehingga menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL dalam menghadapi kesulitan belajar siswa, untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PjBL, dan untuk mengimplementasikan tahapan-tahapan model PjBL dalam pembelajaran. Menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi eksperiment dan sampel terdiri dari dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan instrument penelitian berupa tes (pretest dan posttest) dan observasi terhadap proses pembelajaran, penelitian dilakukan di MIS Nagarakasih 1 Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PjBL memiliki pengaruh hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang berbeda secara signifikan setelah dianalisis menggunakan SPSS 23 dengan uji Mann-Whitney U-Test, hasil uji menunjukan bahwa skor Sig. = 0,000 < a= 0.05 sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksprimen dan kelas kontrol, karena ada perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa "Ada pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL pada materi bangun ruang di kelas V Madrasah Ibtidaiyyah", Model PjBL pun dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai posttest terhadap nilai pretest pada kelas eksperimen yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji analisis dapat diketahui bahwa skor Sig. - 0,000 a = 0,05 sehingga H0 ditolak. Artinya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Tahapan penelitianpun sesuai dengan sintak model pembelajaran PjBL hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang sesuai dengan tahapan pembelajaran yang sudah terlebih dahulu dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu.
Ketersediaan
I -023 | I -023 | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
I -023
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2022 |
Deskripsi Fisik |
x, 21 cm x 29 cm ; 134 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain