No image available for this title

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SHALAT IED PEMBELAJARAN FIQIH KELAS IV MI TANJUNG



Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran tipe Word Square terhadap hasil belajar siswa pada materi Shalat Ied dalam pembelajaran Fiqih di kelas IV MI Tanjung. Penelitian ini juga melibatkan observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pre eksperimental dengan One Grup pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa kelas IV MI TanjungSebanyak 28 Siswa diberikan Soal Pretest Tentang Materi shalat Ied Mata Pelajaran Fiqih Menggunakan Metode Word Square, Kemudian di berikan Treatment atau perlakuan supaya terjadi Peningkatan Terhadap Hasil Belajar. Setelah itu di berikan Soal Post Test dengan menggunakan metode Word Square. Aktivitas guru meliputi penyampaian materi, pemberian contoh pengisian kotak kosakata, dan memberikan bimbingan kepada siswa. Aktivitas siswa meliputi pengisian kotak kosakata, diskusi dalam kelompok, dan evaluasi mandiri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan Mean atau rata-rata untuk membandingkan hasil belajar antara Pre Test dan Post Test. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran tipe Word Square terhadap hasil belajar siswa pada materi Shalat Ied dalam pembelajaran Fiqih. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.


Ketersediaan

I - 025I - 025Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 025
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 102 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya