Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TANGGA KONVERSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA III MI CIPETIR KABUPATEN TASIKMALAYA

SELAWATI - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media tangga konversi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI Cipetir Kabupaten Tasikmalaya. Media tangga konversi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu siswa memahami konsep konversi satuan dalam matematika. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media tangga konversi, hasil pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media dan pengaruh media tangga konversi terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol acak. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media tangga konversi dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent samples t-test untuk membandingkan rata-rata skor tes antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu, juga dilakukan analisis statistik deskriptif untuk melihat perbedaan skor tes sebelum dan sesudah intervensi pada masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tangga konversi secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III MI Cipetir Kabupaten Tasikmalaya. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai p < 0,05. Selain itu, analisis statistik deskriptif juga mengindikasikan peningkatan skor tes siswa setelah intervensi pada kelompok eksperimen.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya I - 028
I - 028
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
I - 028
Penerbit
TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 67 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?