Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CRAD MATCHI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SD NEGERI CIPANENGAH KABUPATEN TASIKMALAYA

DEDE MAOLIDAH - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri Cipanengah Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDNegeri Cipanengah yang berjumlah 40 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas III-A dan III-B. Intstrumen penelitian berupa tes, yaitu pretest dan posttest sebanyak 20 soal pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran matematika kelas III, dengan memperoleh rata-rata nilai 82.20. 2) terdapat hasil uji normalitas dengan menggunakan output one sample kolmogrov-smirnov, nilai data signifikasi yang diperoleh dari kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kelas eksperimen pretest 0,053 > 0,05. Artinya 0,053 lebih dari 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Kelas eksperimen postest memiliki 0,200 > 0,05. Artinya 0,200 lebih dari 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Dan hasil uji homogenitas dengan menggunakan out put of homogeneity of variances, diperoleh nilai sig (signifikan) 0,224 lebih besar dari 0,05 (0,224 > 0,05) maka hipotesis alternative diterima dengan demikian variasi setiap sampel sama (homogen). 3) Terdapat hasil uji hipotesis dengan menggunakan signifikasi uji paired samples test adalah 0,000. Karena nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa keputusan hipotesis alternatif atau Ha diterima dan hipotesis nihil atau HO ditolak. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN Cipanengah Kabupaten Tasikmalaya


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya I -031
I -031
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
I -031
Penerbit
TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
x , 21 cm x 29 cm ; 80 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?