Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN MONTESSORI MELALUI DIDAKTIS SAND PAPER NUMBER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KB INAAYAH KOTA TASIKMALAYA
Pembelajaran Montessori adalah salah satu metode pengajaran untuk anak pra- sekolah dan sekolah dasar yang diciptakan oleh Maria Montessori. Sesuai dengan tahap berfikir anak, metode pembelajaran Montessori senantiasa menggunakan materi-materi manipulasi untuk menyampaikan konsep-konsep dasar matematika atau perkembangan kognitif. Kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan salahsatunya adalah kemampuan dalam mengenal angkaMenurut teori Montessori pemahaman perkembangan kognitif ialah konsep matematika yang dilakukan melalui penggunaan material-material konkret, mengikuti cara belajar dan kebutuhan anak. Salahsatunya memahami simbol-simbol yang mempresentasikan kuantitas (angka) melalui material Didaktis Sand paper Number. Berdasarkan hasil observasi pra tindakan menunjukan perkembangan kognitif dalam mengenal simbol angka dan konsep ukuran anak di KB Al Inaayah masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektifitas pembelajaran Montessori dalam perkembangan KognitifDengan subjek sepuluh anak yang terdiri lima anak laki-laki dan lima anak perempuan dan dua orang guru sebagai observer dan guru kelas di lembaga PAUD KB Al Inaayah Ciwaas Peuntas Tamansari Tasikmalaya. Objek penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal simbol angka dan konsep ukuran untuk perkembangan kognitif melalui Didaktis Sand Paper Number (Papan Angka Berpasir). Metode penelititian yang digunakan yaitu PTK model Kemmis Mc Taggar, penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen dalam satu siklus dengan penyatuan tindakan dan observasi, yaitu perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dengan melakukan tiga siklus penelitian presentase pencapaian indikator dengan hasil di siklus 1 39,5%, siklus II 64,5% dan siklus III 82%. Sehingga dapat disimpulkan menggunakan pembelajaran Montessori dapat meningkatkan perkembangan kognitif melalui Didaktis Sand Paper Number di KB Al Inaayah
Ketersediaan
I -038 | I -038 | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
I -038
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2023 |
Deskripsi Fisik |
x, 21 cm x 29 cm ; 126 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain