Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN PEMBELAJARAN MONTESSORI MELALUI DIDAKTIS SAND PAPER NUMBER DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KB INAAYAH KOTA TASIKMALAYA

LILIS MARYATI - Nama Orang;

Pembelajaran Montessori adalah salah satu metode pengajaran untuk anak pra- sekolah dan sekolah dasar yang diciptakan oleh Maria Montessori. Sesuai dengan tahap berfikir anak, metode pembelajaran Montessori senantiasa menggunakan materi-materi manipulasi untuk menyampaikan konsep-konsep dasar matematika atau perkembangan kognitif. Kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan salahsatunya adalah kemampuan dalam mengenal angkaMenurut teori Montessori pemahaman perkembangan kognitif ialah konsep matematika yang dilakukan melalui penggunaan material-material konkret, mengikuti cara belajar dan kebutuhan anak. Salahsatunya memahami simbol-simbol yang mempresentasikan kuantitas (angka) melalui material Didaktis Sand paper Number. Berdasarkan hasil observasi pra tindakan menunjukan perkembangan kognitif dalam mengenal simbol angka dan konsep ukuran anak di KB Al Inaayah masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektifitas pembelajaran Montessori dalam perkembangan KognitifDengan subjek sepuluh anak yang terdiri lima anak laki-laki dan lima anak perempuan dan dua orang guru sebagai observer dan guru kelas di lembaga PAUD KB Al Inaayah Ciwaas Peuntas Tamansari Tasikmalaya. Objek penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal simbol angka dan konsep ukuran untuk perkembangan kognitif melalui Didaktis Sand Paper Number (Papan Angka Berpasir). Metode penelititian yang digunakan yaitu PTK model Kemmis Mc Taggar, penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen dalam satu siklus dengan penyatuan tindakan dan observasi, yaitu perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dengan melakukan tiga siklus penelitian presentase pencapaian indikator dengan hasil di siklus 1 39,5%, siklus II 64,5% dan siklus III 82%. Sehingga dapat disimpulkan menggunakan pembelajaran Montessori dapat meningkatkan perkembangan kognitif melalui Didaktis Sand Paper Number di KB Al Inaayah


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya I -038
I -038
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
I -038
Penerbit
TASIKMALAYA : IAI TASIKMALAYA., 2023
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 126 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?