No image available for this title

Text

UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK



Kecerdasan naturalis harus dikembangkan sejak dini agar anak mengetahui lingkungan sekitar, peka terhadap kejadian alam dan mampu merawat lingkungan sejak dini. Berdasarkan hasil observasi di SPS TAAM Al Fauziyah Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya masih rendah dengan rata-rata 28,75%. Oleh karena itu untuk meningkatkan kecerdasan naturalis peneliti menggunakan pendekatan saintifik agar anak tidak terlalu fokus pada pendidik jadi anak lebih mengembangkan lagi hasil observasi melalui pendekatan saintifik 5M (mengamati, menalar, mengumpulkan informasi, menanya dan mengkomunikasikan). Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang diambil yaitu menggunakan model penelitian Tindakan Kelas Mc Taggart yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan rancangan kembali yang menjadi kerangka dasar penyelesaian masalah. Subjek dalam penelitian ini 13 orang, 1 orang kepala sekolah, 1 guru wali kelas, 1 orang guru pendamping, dan 10 orang peserta didik usia 5-6 tahun di SPS TAAM Al Fauziyah Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Objek penelitian yaitu kecerdasan naturalis melalui pendekatan saintifikAdapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari siklus I yaitu 35,5%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 72%, berakhir pada siklus III karena mengalam peningkatan yang cukup signifikan menjadi 83,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anal usia 5-6 tahun di SPS TAAM Al Fauziyah Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya


Ketersediaan

I - 039I - 039Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 039
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 117 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya