Detail Cantuman
Advanced SearchText
UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KEDISIPLINAN BUDAYA ANTRI ANAK USIA 3-4 TAHUN DENGAN METODE HABIT FORMING
Disiplin merupakan salah satu karakter yang perlu ditanamkan sejak dini. Tujuan disiplin menurut Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dim, ialah membuat anak didik tersebut terkontrol dalam menjalankan sebuah kegiatan Tujuan dars disiplin itu tidak akan berhasil, apabila tidak dibarengi dengan usaha yang dilakukan oleh guru ataupun orangtua baik itu melalui pembiasaan atau melalui keteladanan
Habit forming (pembiasaan) ialah model pembelajaran yang paling konsisten dan
terprogram Model pembelajaran habit forming dikenal juga dengan model pembelajaran
pembiasaan Model pembelajaran habit forming (pembiasaan) bertujuan untuk lebih mengaktifkan
siswa dalam mengikuti pembelajaran secara terus menerus dan berulang-ulang berdasarkan tujuan
pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih terbiasa
Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di RA persis 38 yang berjumlah 7 orang Adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penilaian rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) pada siklus I dengan rata-rata I sebanyak 75%, rata-rata 2 sebanyak 75% rata-rata 3 sebanyak 62.5% dan rata-rata 4 sebanyak 66,60% dengan total skor akhir sebanyak 69,7% Ketercapaian penilaian RPPH cukup Sedangkan penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) pada siklus Il dengan rata-rata I sebanyak 91,6%, rata-rata 2 sebanyak 87.5%, rata-rata 3 sebanyak 87.5% dan rata-rata 4 sebanyak 83,3% mengalami peningkatan dengan total skor akhir sebanyak 87,4% Ketercapaian penilaian RPPH baik sekali
Berdasarkan hasil tindakan di pratindakan dalam meningkatkan kedisiplinan anak 3-4 dalam budaya antri dengan metode habit forming (pembiasaan) persentase anak yang Belum Berkembang (BB) 71% dan Mulai Berkembang 29% pada siklus 1 sebesar 14% belum berkembang (BB) dan 85% mulai berkembang (MB) Pada siklus 11 43% dan berkembang sesuai harapan (BSH) 57% berkembang sangat baik (BSB) Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode habit forming (pembiasaan) dapat mempengaruhi anak usia 3-4 tahun dalam meningkarkan karakter kedisiplinan anak
Ketersediaan
I - 046 | I - 046 | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
I - 046
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2023 |
Deskripsi Fisik |
x, 21 cm x 29 cm ; 85 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain