No image available for this title

Text

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DOMINO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL ULUM TASIKMALAYA



Kemampuan kognitif ialah kemampuan anak untuk berpikir lebih kompleks serta melakukan penalaran dan pemecahan masalah, berkembangnya kemampuan kognitif ini akan mempermudah anak menguasai pengetahuan umum yang lebih luas. Melalui perkembangan kemampuan kognitif, anak akan mampu berpilor simbolik, memecahkan masalah, dan mengingat sesuatu

Hasil observasi peneliti yang dilakukan pada tanggal 5 Desember 2022 semester 1 di RA Miftahul Ulum yang berada di Kampung Sindanggalih Desa Sukagalih Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, terdapat 21 anak usia 5-6 tahun yang masih kurang dalam kemampuan kognitif khususnya kemampuan berpikir simbolik. Hal ini dapat dilihat dan kurangnya kemampuan anak dalam memahami dan menggunakan simbol, seperti angka, warna, atau bentuk

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta hasil kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain balok domino pada anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Ulum Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B usia 5-6 tahun RA Miftahul Ulum dengan subjek penelitian 23 orang yaitu 21 orang peserta didik, 1 orang guru kelas dan 1 orang kepala sekolah Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pada RPPH siklus I dengan skor akhir sebesar 66% meningkat pada siklus II menjadi 79%, dan pada siklus III 89% Hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 60%, meningkat pada siklus II menjadi 72%, dan pada siklus III 96%. Pada siklus I persentase anak dengan kemampuan Belum Berkembang (BB) masih sangat tinggi sebesar 51%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase sebesar 46% anak yang Mulai Berkembang (MB), dan pada siklus III anak sudah mencapai kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan persentase 85% Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dari siklus I dilanjutkan siklus II dan melakukan kembali di siklus III untuk meyakinkan bahwa bermain domino dapat meningkatkan kemampuan kognitif dengan baik, semua aspek dalam perkembangan kognitif berkembang dan mengalami peningkatan yang baik sesuai harapan


Ketersediaan

I - 047I - 047Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 047
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 128 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya