No image available for this title

Text

PENGARUH METODE SAVI PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III MI NAGARAKASIH 2 TASIKMALAYA



Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas III MI Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya, serta menginvestigasi sikap siswa terhadap penggunaan metode SAVI. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas III MI Nagarakasih 2 Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini, dua kelompok kelas dibentuk, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan metode SAVI dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes objektif sebelum dan setelah intervensi pembelajaran. Data sikap siswa terhadap penggunaan metode SAVI dikumpulkan melalui kuesioner sikap yang dikembangkan oleh peneliti. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu, data sikap siswa juga dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran SAVI memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hasil tes objektif menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan metode SAVI, seperti minat yang tinggi, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan persepsi bahwa metode SAVI membantu pemahaman materi Fiqih.


Ketersediaan

I -051I -051Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I -051
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 63 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya