No image available for this title

Text

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VI DI MI AR-RAHMAN



Hasil belajar merupakan akhir dari terselesaikannya proses pembelajaran di dunia pendidikan. Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang baik, guru harus berperan penting sebagai pasilitator dalam menggunkan media pembelajaran sebgai bahan dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi metode pembelajaran interaktif dengan media aplikasi canva terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi penomena gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga di kelas VI MI Ar-Rahman Kabupaten Tasikmlaya. Penelitian ini juga melibatkan observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaranMetode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pre eksperimental dengan One Grup pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 13 siswa kelas VI MI Ar-Rahman Kabupaten Tasikmlaya. Sebanyak 13 Siswa diberikan Soal Pretest tentang materi penomena gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga mata pelajaran IPS menggunakan metode interaktif dengan media aplikasi canva, kemudian di berikan Treatment atau perlakuan supaya terjadi peningkatan terhadap Hasil Belajar. Setelah itu di berikan Soal Post Test. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan Mean atau rata-rata untuk membandingkan hasil belajar antara Pre Test dan Post Test. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh metode pembelajaran interaktif dengan media aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga memberikan wawasan tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa depan. Melalui penerapan metode pembelajaran interaktif dan penggunaan media aplikasi canva dalam pembuatan media pembelajaran IPS pada materi penomena gejala alam yang terjadi di indonesia dan negara tetangga di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman diharapkan dapat membantu guru dalam melakukan transfer informasi kepada peserta didik Melalui rangkaian proses penelitian hingga akhirnya dapat dituangkan menjadi hasil penelitian dan dijabarkan dalam pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran ini memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa


Ketersediaan

I - 054I - 054Perpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
I - 054
Penerbit IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA.,
Deskripsi Fisik
x, 21 cm x 29 cm ; 72 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya