Detail Cantuman
Advanced SearchText
UPAYA MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METTODE CERITA TENTANG KISAH DALAM AL QUR'AN DI TKIT TUNAS MULIA
Nilar agama dan moral anak adalah Nilai agama dan inoral pada anak usia dini diartikan sebagai perubahan psiskos yang dialami oleh anak usia dini terkait dengan kemampuannya dalam memahami dan melakukan prilaku yang baik berdasarkan ajaran agama yang diyakininya. Dalam sudut pandang islam, upaya melakukan prilaku yang baik dan menghindari perilaku yang buruk terschut sering diistilahkan dengan taqwa
Bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lesan kepada orang lain dengan alat tentang apa yang harus disampaikan dalam bentuk pesan. informasi atau hanya sebuah dongeng yang dikemas dalam bentuk cerita yang dapat didengarkan dengan rasa menyenangkan
Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TKIT Tunas Mulia yang berjumlah 10 orang berdasarkan hasil penelitian di Siklus I menunjukkan hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dengan rata-rata 1 sebanyak 32% rata-rata 2 sebanyak 25%, rata-rata 3 sebanyak 75% dan rata-rata 4 sebanyak 40% dengan total skor akhir sebanyak 43% Ketercapaian penilaian RPPH Kurang Hasil pelaksanaan siklus II untuk kinerja guru dalam penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dengan rata-rata 1 sebanyak 58%, rata-rata 2 sebanyak 50%, rata-rata 3 sebanyak 80% dan rata-rata 4 sebanyak 67% mengalami peningkatan dengan total skor akhir sebanyak 59% Ketercapaian penilaian RPPH cukup Hasil pelaksanaan siklus III untuk kinerja guru dalam penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dengan rata-rata 1 sebanyak 75%, rata-rata 2 sebanyak 79%, rata-rata 3 sebanyak 88% dan rata-rata 4 sebanyak 83% mengalami peningkatan dengan total skor akhir sebanyak 81% Ketercapaian penilaian RPPH baik sekali.
Hasil pembelajaran upaya meningkatkan nilai agama dan moral anak melalui metode bercerita tentang kisah dalam al-qur'an di TKIT Tunas Mulia mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Data yang diperoleh di atas dengan penilaian aspek perkembangan anak pada siklus I dengan nilai 40%. Belum Berkembang (BB) dan 60% Mulai Berkembang (MB) Pada siklus II 60% Mulai Berkembang (MB) dan 40% Berkembang Sesuai Harapan (BSH) Dan siklus III 40 % anak yang berkembang sesuai harapan( BSH), 60 % anak yang berkembang sangat baik (BSB). Dan dapat dikatakan penelitian ini berhasil Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercentatentang kisah dalam al-qur'an dapat meningkatkan nilai agama dan moral anak usia dini
Kata kunci: nilai agama dan moral, metode bercerita
Ketersediaan
I - 071 | I - 071 | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
I - 071
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2023 |
Deskripsi Fisik |
x, 21 cm x 29 cm ; 140 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain