Detail Cantuman
Advanced SearchText
MENINGKATKAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL ANAK USIA DINI
Penelniani bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan pengembangan nilai agama dan moral pada materi menonton film animasi Riko The Series Season 2 dan animasi proses terjadinya hujan dan angin di Kelompok Bermain At-Tahdib Kelurahan Sukanagara Kec. Purharatu Kota Tasikmalaya. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B usia 5-6 tahun Kelompok Bermain At Tabdib dengan jumlah siswa 21 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan nilai agama dan moral anak meningkat setelah adanya tindakan melalui media audio visual dengan materi menonton film animasi Riko The Series Season 2 dan animasi proses terjadinya hujan dan angin Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, persentase perkembangan nilai agama dan moral pada indikator I dengan nilai belum berkembang (BB) 92% dan mulai berkembang (MB) 8%, kemudian mengalami peningkatan yang baik pada siklus I dengan nilai belum berkembang (BB) 3%, mulai berkembang (MB) 43%, berkembang sesuai harapan (BSH) 54%, dan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu dengan nilai berkembang sesuai harapan (BSH) 10% dan berkembang sangat baik (BSB) 90% Kemudian hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 50%, pada saat siklus II mengalami peningkatan yang baik, nilai yang diperoleh pada Siklus II sebesar 90%. Lalu hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran harian pada siklus I menunjukan nilai sebesar 61% dan mengalami peningkatan yang sangat baik juga pada siklus II dan nilai yang diperoleh sebesar 90%. Kemudian hasil penilaian Pelaksanaan Pembelajaran Guru pada siklus 1 memperoleh nilai sebesar 50%, pada siklus II mengalami peningkatan yang baik, nilai diperoleh pada siklus II sebesar 90% Lalu hasil penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) pada siklus I menunjukkan nilai sebesar 61% dan mengalami peningkatan yang sangat baik juga pada siklus II dan nilai yang sebesar 90%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga perkembangan nilai agama dan moral anak meningkat pra pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan pengembangan dan pada saat kegiatan penutup
Ketersediaan
I - 072 | I - 072 | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
I - 072
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : TASIKMALAYA., 2023 |
Deskripsi Fisik |
x, 21 cm x 29 cm ; 146 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain