Image of PENDIDIKAN KARAKTER DI ZAMAN KEBLINGER

Text

PENDIDIKAN KARAKTER DI ZAMAN KEBLINGER



BAB 1 Dunia Tunggang Langgang
1.1 perubahan, pengetahuan, dan keterhubungan
1.2 guru bagian dari masalah
1.3 dari zaman oemar barkrie sampai reformasi

BAB 2 Jungkir Balik Tatanan Nilai
2.1 kekabuaran visi
2.2 rujukan kebenaran pengetahuan
2.3 zaman keblinger
2.4 berubah tidak mudah

BAB 3 Jasamu Kamu Tunggu
3.1 negara menentukan identitas guru
3.2 guru, apa kata masyarakat

BAB 4 Guru Juga Manusia
4.1 jebakan rutinitas
4.2 kelelahan fisik dan sakit
4.3 tugas segunung tanpa menerima
4.5 tiada sosok manusia
4.6 burnout

BAB 5 Bebas Menjadi Guru
5.1 kebebasan menentukan identitas diri
5.2 menumbuhkan integritas
5.3 mendefinisikan kembali otoritas guru
5.4 mengajarkan hidupnya sendiri
5.5 mengembangkan kreativitas
5.6 autentik dalam komunitas
5.7 kebebasan yang menggembirakan

BAB 6 Gramatika Perubahan
6.1 individu memberi makna perubahan
6.2 makna bersama (shared meaning)
6.3 efektivitas kinerja profesional
6.4 pertumbuhan pribadi
6.5 kedewasan dan perkembangan profesional
6.6 motivasi
6.7 nyaman dan menjadi lebih baik
6.8 keterbatasan fisik
6.9 peta pelajaran karier
6.10 resistensi pedagongis
6.11 kepercayaan (trust)
6.12 dependensi otoritas
6.13 kultur sekolah

BAB 7 Objek Perubahan Pendidikan
7.1 dari bahasa bisnis ke pendidikan
7.2 cara memandang hakikat perubahan
7.3 metafora geotropisme dan fototropisme tumbuhan
7.4 teori kompleksitas perubahan
7.5 aneka pemahaman perubahan pendidikan
7.6 objek perubahan pendidikan

BAB 8 Guru Sebagai Pelaku Perubahan
8.1 percaya pada potensi pertumbuhan
8.2 pelaku perubahan yang terampil
8.3 fungsi liberatif vs konservatif
8.4 fungsi transformatif pendidikan
8.5 visi rekonstruksi masyarakat baru

BAB 9 Guru Sebagai Pendidikan Karakter
9.1 pendidikan atau pengajar karakter?
9.2 prinsip-prinsip bagi pengembangan guru sebagai pendidikan karakter
9.2.1 menghidupi visi dan inspirasi pribadi
9.2.2 nemo dat quod non hebat
9.2.3 verba movent exempla trahunt
9.2.4 kritis menera niali
9.2.5 relasi interpersonal-kontekstual
9.2.6 intergritas moral pendidikan
9.3 sikap-sikap dasar pendidikan karakter
9.3.1 anti adultisme
9.3.2 mengejar kesempurnaan
9.3.3 penghayatan nilai secara autentik
9.3.4 praksis tanggung jawab pribadi
9.3.6 pengembangan tanggung jawab

BAB 10 Dari Teori Menuju Aksi: Tujuh Strategi
10.1 visiku sebagai guru
10.2 menjadi guru peneliti
10.3 umpan balik profesional 360
10.4 menmbuhkan kejujuran akademis
10.5 pembelajaran kolaboratif
10.6 komunitas belajar profesional
10.7 menunbuhkan kultur demokratis

BAB 11 Penguatan Komitmen Moral Profesi Guru

BAB 12 Revolusi mental pembelajaran
12.1 guru sebagai pendidikan
12.2 guru sebagai pelayan publik
12.3 guru sebagai warga negara

BAB 13 Mengembalikan Semangat Keragaman Kebangsaan

Epilog
Menuju kepempimpinan pendidikan konstruktif


Ketersediaan

370114DONp370.114 DON pPerpus STAI TasikmalayaTersedia
370114DONp1370.114 DON pPerpus STAI TasikmalayaTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.114 DON p
Penerbit PT Grasindo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 15x 23 cm; 240 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-6023-3752-799
Klasifikasi
370.114
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya