Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM WAHANA BERMAIN ANAK
Penanda Bagikan

Text

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM WAHANA BERMAIN ANAK

Jasa Ungguh Muliawan - Nama Orang;

BAB I ILMU PSIKOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN ANAK
A. Pengertian
B. Tujuan
C. Wilayah Kerja
1. Aspek Motorik
a. Ciri-Ciri
b. Ruang Lingkup
C. Mainan Anak Tipe Motorik
d. Pekerjaan yang Cocok
2. Aspek Afektif.
a. Ciri-Ciri
b. Ruang Lingkup
c. Mainan untuk Anak Tipe Afektif
d. Pekerjaan yang Cocok
3. Aspek Kognitif
a. Ciri-Ciri
b. Ruang Lingkup
c. Mainan untuk Anak Tipe Kognitif
d. Pekerjaan yang Cocok
4. Aspek Spiritual
a. Ciri-Ciri
b. Ruang Lingkup
C. Mainan Khas Untuk Anak Tipe Spiritual.
d. Pekerjaan yang Cocok
5. Aspek Campuran
a. Kelebihan dan kekurangan
D. Terapan Ilmu Psikologi dalam Wahana Bermain Anak.

BAB II MENGENAL DUNIA BERMAIN ANAK
A. Mainan dan Permainan
B. Pengelompokan Jenis Wahana Bermain Anak
1. Pembedaan Mainan Berdasarkan Bentuk
2. Pembedaan Mainan Berdasarkan Jenis
3. Pembedaan Mainan Berdasarkan Manfaat
4. Pembedaan Mainan Berdasarkan Rentang Waktu
5. Pembedaan Mainan Berdasarkan Usia
6. Pembedaan Mainan Berdasarkan Jenis Kelamin
7. Pembedaan Mainan Berdasarkan Lokasi
8. Mainan Rekayasa
a. Buat Barisan
b. Menebak Profesi
c. Lari Kelereng
d. Tarik Tambang
e. Loncat Berantai
f. Raja dan Ratu

C. Manfaat Wahana Bermain Anak dalam Dunia Pendidikan
1. Manfaat Fisik
2. Manfaat Psikologis
3. Manfaat Kognitif (Intelijensi/Kecerdasan)
4. Manfaat Sosiologis
5. Manfaat Filosofis
D. Cara Memilih Mainan Edukatif yang Benar
E. Tips Jitu Mendidik Anak Menggunakan Wahana Bermain

BAB III PENGARUH PSIKOLOGIS WAHANA BERMAIN ANAK DALAM DUNIA PENDIDIKAN
A. Sejarah Psikologi dari Masa Ke Masa......
B. Mengenal Tokoh-Tokoh Psikologi Dunia
1. Nabi Adam AS (Tahun Penciptaan Manusia Pertama di Bumi)
2. Firaun (Mesir Kuno tahun 5000-500 SM)
3. Socrates (469 SM-399 SM)
4. Plato (427 SM-347 SM)
5. Aristoteles (384 SM-322 SM)
6. Ibnu Sina (370-428 H/980-1037 M)
7. At-Tabari (224 H-310 H/838 M-923 M)
8. Al Ghazali (450 H-505 H/1058 M-1111 M)
9. Sigmund Freud (1856-1939)
10. Carl Gustav Jung (1875-1961)
11. Jean Piaget (1896-1980)
12. Burrhus Frederic Skinner (1904-1990)

C. Teori Psikologi dalam Wahana Bermain Anak
1. Kepuasan Batin
2. Imajinasi
3. Logika
4. Kreatifitas
5. Motorik
6. Bahasa Komunikasi
7. Perspektif
8. Refleksi
9. Hasrat/Keinginan
10. Insting/Naluri
11. Respon
12. Penginderaan
13. Emosi
14. llusi
15. Delusi
16. Halusinasi
17. Ikatan Batin
18. Solidaritas
19. Sportifitas.
20. Semangat.
21. Motivasi
22. Alam Sadar (Conscious)
23. Alam Bawah Sadar (Unconscious)

D. Pengaruh Psikologis Wahana Bermain Anak dalam Dunia Pendidikan
1. Pengaruh fisik
2. Pengaruh Psikologis
3. Pengaruh Sosiologis
a. Belajar mengenal diri sendiri
b. Membangun rasa percaya diri anak
c. Belajar mengenal perasaan orang lain
d. Belajar banyak hal dari temannya
e. Anak belajar bersikap tidak egois
f. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi
g. Menumbuhkan rasa toleransi anak sejak dini
h. Anak belajar membangun kehidupan sosial yang lebih baik
4. Pengaruh Intelektual
a. Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 1 Tahun
b. Perkembangan Kognitif Anak Usia 2 Tahun
c. Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 3 Tahun
d. Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Tahun
e. Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5 Tahun
f. Perkembangan Kognitif Anak Usia 6 Tahun
5. Pengaruh Genetik

E. Teknik Pemanfaatan Psikologi Wahana Bermain dalam Dunia Pendidikan
1. Soal Keamanan
2. Soal Kesehatan
3. Soal Manfaat
4. Soal Kesesuaian
5. Soal Ekonomi

F. Nilai Lebih Pemanfaatan Unsur Psikologi Wahana Bermain Anak

BAB III PENUTUP
A. Kilas Balik Teori Psikologi
1. Unsur Motorik
2. Unsur Afektif
3. Unsur Kognitif
4. Unsur Spiritual
B. Hubungan Teori Psikologi dengan Wahana Bermain Anak
C. Pemanfaatan Psikologi Wahana Bermain Anak dalam Dunia Pendidikan


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 370.15 JUM p
37015JUMp
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 JUM p
Penerbit
Yogyakarta : PENERBIT GAVA MEDIA., 2022
Deskripsi Fisik
ill, 16 x 23 cm; 208 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-5690-01-8
Klasifikasi
370.15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Psikologi Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?