Text
PENGEMBANGAN KURIKULUM Teori dan Praktik
Bab 1 Konsep Kurikulum
A. Kedudukan kurikulum dalam pendidikan
B. Konsep kurikulum
C. Kurikulum dan teori-teori pendidikan
Bab 2 Teori Kurikulum
A. Apakah teori itu?
B. Teori pendidikan
C. Teori kurikulum
Bab 3 Landasan Filosofis dan Psikologis Pengembangan Kurikulum
A. Landasan filosofis
B. Landasan psikologis
Bab 4 Landasan Sosial-Budaya, Perkembangan Ilmu dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum
A. Pendidikan dan masyarakat
B. Perkembangan masyarakat
C. Perkembangan ilmu pengetahuan
D. Perkembangan teknologi
E. Pengaruh perkembangan ilmu dan teknologi
Bab 5 Macam-Macam Model Konsep Kurikulum
A. Kurikulum subjek akademis
B. Kurikulum humanistik
C. Kurikulum rekonstruksi sosial
D. Teknologi dan kurikulum
Bab 6 Anatomi dan Desain Kurikuluin
A. Komponen-komponen kurikulum
B. Desain kurikulum
Bab 7 Proses Pengajaran
A. Keseimbangan antara isi dan proses
B. Isi dan kurikulum
C. Proses belajar
D. Kesiapan belajar
E. Minat dan motif belajar
Bab 8 Pengembangan Kurikulum
A. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum B. Pengembangan kurikulum
C. Faktor-faktor yang mempengaruhi
D. Artikulasi dan hambatan
E. Model-model pengembangan kurikulum
Bab 9 Evaluasi Kurikulum
A. Evaluasi dan kurikulum
B. Konsep kurikulum
C. Implementasi dan evaluasi kurikulum
D. Peranan evaluasi kurikulum
E. Ujian sebagai evaluasi sosial
F. Model-model evaluasi kurikulum
BAB 10 Guru dan Pengembangan Kurikulum
A. Guru sebagai pendidik profesional
B. Guru sebagai pembimbing belajar
C. Peranan Guru dalam pengembangan kurikulum
D. Pendidikan guru
Tidak tersedia versi lain