Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERSPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN
Penanda Bagikan

Text

PERSPEKTIF ISLAM TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN

Dr. H. Abuddin Nata, M.A - Nama Orang;

BAB 1 PENDAHULUAN
A. Dasar Pemikiran
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup
D. Metode dan Pendekatan

BAB 2 PARADIGMA BARU PENDIDIKAN
A. Pendahuluan
B. Macam-macam Paradigma Baru Pendidikan
C. Penutup

BAB 3 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BELAJAR DAN MENGAJAR
A. Pengantar
B. Berbagai Istilah tentang Manusia
C. Berbagai Potensi Manusia
D. Penutup

BAB 4 STRUKTUR JIWA MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN MENGAJAR BELAJAR
A. Pengertian Jiwa dan Ilmu Jiwa
B. Struktur Kejiwaan Manusia
C. Hubungan Struktur Kejiwaan dengan Kegiatan Belajar Mengajar
D. Penutup

BAB 5. STRUKTUR FITRAH MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian Fitrah Manusia
B. Struktur Fitrah Manusia
C. Hubungan Struktur Fitrah Manusia dan Kegiatan Belajar Mengajar
D. Penutup

BAB 6. KONSEP PEMBELAJARAN
A. Hakikat Belajar
B. Berbagai Teori tentang Pembelajaran
C. Tujuan Belajar dan Pembelajaran
D. Tingkat dan Jenis Karakteristik Peserta Didik dalam Kegiatan Belajar
E. Hubungan Tingkat dan Jenis Karakteristik Peserta Didik dengan Kegiatan Pembelajaran
F. Penutup

BAB 7. BERBAGAI ALIRAN DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Berbagai Aliran dalam Pendidikan dan Pembelajaran
C. Aliran Konvergensi
D. Penutup

BAB 8. BERBAGAI KONSEP DAN TEORI PEMBELAJARAN
A. Pengantar
B. Teori Pembelajaran yang Bercorak Naturalisme dan Romantisme
C. Konsep Pendidikan Transmisi Kultural
D. Penutup

BAB 9. BERBAGAI PENDEKATAN DALAM BELAJAR- MENGAJAR
A. Pengantar
B. Pendekatan Individualistis
C. Pendekatan Kelompok
D. Pendekatan Campuran
E. Pendekatan Edukatif
F. Penutup

BAB 10. METODE PENGAJARAN
A. Pengertian Metode Mengajar
B. Kedudukan Metode Pengajaran
C. Macam-macam Metode Pengajaran
D. Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Metode Pengajaran
E. Penutup

BAB 11 KOMPONEN STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Pengertian Strategi Pembelajaran
B. Komponen Strategi Pembelajaran
C. Penutup

BAB 12. PENDEKATAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) DAN KETERAMPILAN PROSES
A. Pengertian
B. Langkah-langkah Pendekatan CBSA dan Keterampilan Proses
C. CBSA dalam Pandangan Islam
D. Penutup

BAB 13. MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING (QT)
A. Pengertian
B. Prinsip-prinsip dalam Quantum Teaching
C. Penutup

BAB 14. MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL)
A. Pengertian
B. Desain Pembelajaran Model PBL
C. Kelebihan dan Kekurangan PBL
D. Pandangan Islam tentang PBL
E. Penutup

BAB 15. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN INTERAKTIF LEARNING
A. Pengertian
B. Tahap-tahap Pelaksanaan
C. Beberapa Teknik Pembelajaran Partisipatif
D. Pandangan Islam tentang Interaktif dan Cooperatif Learning
E. Penutup

BAB 16. PENGEMBANGAN VARIASI BELAJAR MENGAJAR
A. Pengertian
B. Tujuan Variasi Belajar Mengajar
C. Prinsip-prinsip yang Perlu Dipertimbangkan
D. Berbagai Komponen Variasi Mengajar
E. Penutup-- 294

BAB 17. SUMBER, MEDIA, DAN ALAT PEMBELAJARAN
A. Sumber Pembelajaran
B. Media Pengajaran
C. Alat Pengajaran
D. Manfaat Sumber, Media, dan Alat Pengajaran
E. Pertimbangan dalam Memilih Sumber Pengajaran
F. Pertimbangan dalam Memilih Media Pengajaran
G. Pertimbangan dalam Memilih Alat Pengajaran
H. Penutup

BAB 18. KEBERHASILAN BELAJAR
A. Pengertian Keberhasilan Belajar Mengajar
B. Faktor yang Memengaruhi Mengajar Keberhasian Mengajar
C. Keberhasilan Belajar Mengajar Menurut Ajaran Islam
D. Penutup

BAB 19 TEKNIK MENDAPATKAN UMPAN BALIK
A. Pengertian dan Tujuan
B. Teknik Mendapatkan Umpan Balik
C. Tinjauan Islam tentang Penggunaan Umpan Balik
D. Penutup -- 337

BAB 20. PENGELOLAAN KELAS
A. Pengertian dan Tujuan Pengelolaan Kelas
B. Berbagai Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
C. Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
D. Pengelolaan Kelas dalam Pandangan Islam
E. Penutup-352


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 371.36 HAN p
37136HANp
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.36 HAN p
Penerbit
Jakarta : KENCANA PRENADAMEDIA GROUP., 2009
Deskripsi Fisik
x, 15 x 23 cm; 382 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-1486-23-1
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode Pembelajaran Tertentu
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?