Detail Cantuman
Advanced SearchText
KONSEP PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR'AN Kontemplasi Filosofis Tafsir Tarbawi
BAB I
FUNGSI, TUGAS DAN TUJUAN HIDUP MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B. Fungsi, Tugas dan Tujuan Hidup Manusia Perspektif Al-Qur'an
1. Manusia Berfungsi sebagai Khalifah
2. Tujuan Hidup Manusia adalah Beribadah Kepada Allah
3. Tugas Hidup Manusia sebagai Pewaris Nabi (WaratsatulAnbiya')
C. Implikasi Fungsi, Tugas dan Tujuan Hidup Manusia dalam Proses Pendidikan
BAB II
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DALAM PERSPEKTI AL-QUR'AN.
A. Pendahuluan
B. Hakikat Manusia Menurut Islam
C. Manusia sebagai Makhluk Sosial
BAB III
EMOSIONAL/PSIKOLOGIS DALAM MANUSIA MAKHLUK PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B.Kebodohan Emosional.
C. Rasa Sosial
D. Kasih Sayang
E Kejujuran
F. Manusia itu Lemah
G. Sikap Keluh Kesah
H. Putus Asa
BAB IV AL-QUR'AN. TANGGUNGJAWAB PENDIDIKAN PERSPEKTIF
A. Pendahuluan
B. Tanggung Jawab Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran
C. Refleksi Tanggung Jawab Pendidikan
BAB V
PRINSIP PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B. Ayat-ayat Al-Qur'an yang Mengandung Prinsip Pendidikan
1. Prinsip Tauhid
2. Prinsip Keseimbangan
3. Prinsip Keadilan
4. Prinsip Integral.
5. Prinsip Universal
6. Prinsip Persamaan.
7. Prinsip Dinamis
8. Prinsip Kebebasan.
C. Implikasi dalam Pendidikan
BAB VI
METODE PENDIDIKAN ISLAM.
A. Pendahuluan
B. Definisi dan Langkah Penentuan Metode
C. Pendekatan dan Prinsip Metode Pendidikan Islam
1. Pendekatan Metode Pendidikan Islam
2. Prinsip Metode Pendidikan Islam.
D. Model Metode Pendidikan Islam
1. Metode Iqra
2. Metode al-Ikhbariyah
3. Metode hiwar (dialog)
4. Metode al Qishah (cerita)
5. Metode al-amtsal (metafora).
6. Metode al-qudwah (imitasi).
7. Metode uswatun hasanah
8. Metode demonstrasi dan dramatisasi (at-tathbiq)
9. Metode permainan dan simulasi (game and simulation)
10. Metode al-mumarosah wal-amal (drill)
11. Metode ibrah
12. Metode pemberian janji dan ancaman (targhib wa tarhib)
13. Metode bimbingan dan ampunan (konseling)
14. Metode Ganjaran dan hukuman (tsawab dan iqob)
15. Metode musabaqah (kompetisi)
16. Metode siiru/rihlah (Studi lapangan/Studi Tour/ Perjalanan)
BAB VII
KESEIMBANGAN SEBAGAI AZAS PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN.
A Pendahuluan
B. Definisi Keseimbangan
1. Pengertiab Keseimbangan
2. Keseimbangan dalam Al-Qur'an.
3. Al-Qisth
4. Awasth/Tawassuth
5 Al-Mizan
6. Istawa
7. Al-Qawwam
8 Azwaz
C. Makna Subtantif Keseimbangan
D. Karakteristik Keseimbangan
E. Akselerasi Keseimbangan
F. Analisis: Arti Dan Makna Keseimbangan.
1. Tekstualitas Keseimbangan Dalam Al-Qur'an.
2. Kontekstualitas Keseimbangan Pada Azas Pendidikan
G. Aktualitas Keseimbangan Pada Azas Pendidikan.
1. Dinamika Kescimbangan dalam Pendidikan Islam
2. Tantangan dan Respons: Keseimbangan pada Dunia Pendidikan Islam
BAB VIII
TUJUAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN.
A. Pendahuluan
B. Terminologi Tujuan dalam Bahasa Arab
C. Pengertian Tujuan Pendidikan.
D. Nilai Tujuan Pendidikan.
E. Fungsi Manusia Sebagai Makhluk Allah
F. Unsur-Unsur Manusia Dan Pengembangan Pendidikannya
G. Tujuan Hidup Manusia
H. Tujuan Pendidikan Islam Menurut Para Ahli Pendidikan.
I.Formulasi Tujuan Pendidikan Dalam Ai-Quran
1. Pengembangan Jasmani/fisik
2. Pengembangan Kecerdasan Spritual
3. Pengembangan Kecerdasan Intelektual/Akal.
4. Pengembangan Kecerdasan Emosional...
5. Pengembangan Kesalehan Sosial
BAB IX
MATERI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B. Tema "Ilmu" dalam Kajian Semantik dan Persfektif Al-Qur'an
1. Ilmu dalam Tinjauan Bahasa dan Perbandingannya dengan Tema Sejenis..
2. Lafadh "ilm" dalam beberapa ayat Al-Qur'an
C. Kalisifikasi Materi Pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
BIODATA PENULIS
Ketersediaan
2x1MUHk | 2x1 MUH k | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2x1 MUH k
|
Penerbit | Pioner Semesta : Yogyakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
x, 14 x 21 cm; 302 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-60051-5-1
|
Klasifikasi |
2x1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain