Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KONSEP PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR'AN
Kontemplasi Filosofis Tafsir Tarbawi
Penanda Bagikan

Text

KONSEP PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR'AN Kontemplasi Filosofis Tafsir Tarbawi

Muhsin An Syadilie - Nama Orang;

BAB I
FUNGSI, TUGAS DAN TUJUAN HIDUP MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B. Fungsi, Tugas dan Tujuan Hidup Manusia Perspektif Al-Qur'an
1. Manusia Berfungsi sebagai Khalifah
2. Tujuan Hidup Manusia adalah Beribadah Kepada Allah
3. Tugas Hidup Manusia sebagai Pewaris Nabi (WaratsatulAnbiya')
C. Implikasi Fungsi, Tugas dan Tujuan Hidup Manusia dalam Proses Pendidikan

BAB II
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DALAM PERSPEKTI AL-QUR'AN.
A. Pendahuluan
B. Hakikat Manusia Menurut Islam
C. Manusia sebagai Makhluk Sosial

BAB III

EMOSIONAL/PSIKOLOGIS DALAM MANUSIA MAKHLUK PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B.Kebodohan Emosional.
C. Rasa Sosial
D. Kasih Sayang
E Kejujuran
F. Manusia itu Lemah
G. Sikap Keluh Kesah
H. Putus Asa

BAB IV AL-QUR'AN. TANGGUNGJAWAB PENDIDIKAN PERSPEKTIF
A. Pendahuluan
B. Tanggung Jawab Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran
C. Refleksi Tanggung Jawab Pendidikan

BAB V
PRINSIP PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B. Ayat-ayat Al-Qur'an yang Mengandung Prinsip Pendidikan
1. Prinsip Tauhid
2. Prinsip Keseimbangan
3. Prinsip Keadilan
4. Prinsip Integral.
5. Prinsip Universal
6. Prinsip Persamaan.
7. Prinsip Dinamis
8. Prinsip Kebebasan.
C. Implikasi dalam Pendidikan

BAB VI
METODE PENDIDIKAN ISLAM.
A. Pendahuluan
B. Definisi dan Langkah Penentuan Metode
C. Pendekatan dan Prinsip Metode Pendidikan Islam
1. Pendekatan Metode Pendidikan Islam
2. Prinsip Metode Pendidikan Islam.
D. Model Metode Pendidikan Islam
1. Metode Iqra
2. Metode al-Ikhbariyah
3. Metode hiwar (dialog)
4. Metode al Qishah (cerita)
5. Metode al-amtsal (metafora).
6. Metode al-qudwah (imitasi).
7. Metode uswatun hasanah
8. Metode demonstrasi dan dramatisasi (at-tathbiq)
9. Metode permainan dan simulasi (game and simulation)
10. Metode al-mumarosah wal-amal (drill)
11. Metode ibrah
12. Metode pemberian janji dan ancaman (targhib wa tarhib)
13. Metode bimbingan dan ampunan (konseling)
14. Metode Ganjaran dan hukuman (tsawab dan iqob)
15. Metode musabaqah (kompetisi)
16. Metode siiru/rihlah (Studi lapangan/Studi Tour/ Perjalanan)

BAB VII
KESEIMBANGAN SEBAGAI AZAS PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN.
A Pendahuluan
B. Definisi Keseimbangan
1. Pengertiab Keseimbangan
2. Keseimbangan dalam Al-Qur'an.
3. Al-Qisth
4. Awasth/Tawassuth
5 Al-Mizan
6. Istawa
7. Al-Qawwam
8 Azwaz
C. Makna Subtantif Keseimbangan
D. Karakteristik Keseimbangan
E. Akselerasi Keseimbangan
F. Analisis: Arti Dan Makna Keseimbangan.
1. Tekstualitas Keseimbangan Dalam Al-Qur'an.
2. Kontekstualitas Keseimbangan Pada Azas Pendidikan
G. Aktualitas Keseimbangan Pada Azas Pendidikan.
1. Dinamika Kescimbangan dalam Pendidikan Islam
2. Tantangan dan Respons: Keseimbangan pada Dunia Pendidikan Islam

BAB VIII
TUJUAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN.
A. Pendahuluan
B. Terminologi Tujuan dalam Bahasa Arab
C. Pengertian Tujuan Pendidikan.
D. Nilai Tujuan Pendidikan.
E. Fungsi Manusia Sebagai Makhluk Allah
F. Unsur-Unsur Manusia Dan Pengembangan Pendidikannya
G. Tujuan Hidup Manusia
H. Tujuan Pendidikan Islam Menurut Para Ahli Pendidikan.
I.Formulasi Tujuan Pendidikan Dalam Ai-Quran
1. Pengembangan Jasmani/fisik
2. Pengembangan Kecerdasan Spritual
3. Pengembangan Kecerdasan Intelektual/Akal.
4. Pengembangan Kecerdasan Emosional...
5. Pengembangan Kesalehan Sosial

BAB IX
MATERI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN
A. Pendahuluan
B. Tema "Ilmu" dalam Kajian Semantik dan Persfektif Al-Qur'an
1. Ilmu dalam Tinjauan Bahasa dan Perbandingannya dengan Tema Sejenis..
2. Lafadh "ilm" dalam beberapa ayat Al-Qur'an
C. Kalisifikasi Materi Pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA
BIODATA PENULIS


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 2x1 MUH k
2x1MUHk
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2x1 MUH k
Penerbit
Yogyakarta : Pioner Semesta., 2017
Deskripsi Fisik
x, 14 x 21 cm; 302 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-60051-5-1
Klasifikasi
2x1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Konsep Pendidikan Al-Qur'an
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?