Detail Cantuman
Advanced SearchText
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISI VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH (PENELITIAN DILAKSANAKAN PADA SISWA KELAS IV MI AT-TARBIYAH KOTA TASIKMALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam meni meningkatkan hasil belajar fikih pada siswa kelas IV di MI A1- tarbiyah Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain one group pre-post test. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IV dimana para siswa sebelumnya diberikan pretest untuk mengetahui hasil dengan menggunakan pembelajaran konvensional kemudian diberikan tindakan dengan pembelajaran video yang kemudian diberikan test kembali untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar fikih yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan ujit untuk mengukur perbedaan rata-rata hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran berbasis video secara signifikan meningkatkan hasil belajar fikih siswa kelas IV dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Rata-rata skor post-test menunjukkan hasil rerata 84,60 lebih tinggi daripada pre- test 63,13. (2) Hasil ini menunjukkan efektivitas media video dalam mendukung proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran berbasis video dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fikih.
Kata Kunci: Media pembelajaran, video, hasil belajar, fikih.
Ketersediaan
01175SITe01 | 011.75 SIT e | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 SIT e
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : kota tasikmalaya., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain