Text
ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN CONCEPT MAPPING DI KELAS V SDN 1 CILOLOHAN KOTA TASIKMALAYA
Pendidikan Agama islam (PAI) merupakan mata pelajaran penting dalam kurikulum sekolah dasar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan PAi adalah metode concept mapping Concept mapping adalah metode pembelajaran yang menggunakan peta konsep untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode concept mapping di kelas V SDN 1 Cilolohan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan concept mapping di kelas V SDN 1 Cilolohan telah berjalan dengan baik. Guru mampu menggunakan metode concept mapping secara efektif untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran. Siswa juga menunjukkan antusiasme dan partisipasi yang tinggi dalam pembelajaran dengan metode concept mapping. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode concept mapping efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 1 Cilolohan Kota Tasikmalaya. Disarankan agar metode concept mapping dapat diterapkan secara lebih luas di sekolah-sekolah lain.
Kata Kunci: Pembalajaran, Pendidikan Agama Islam, Conecept Mapping
Tidak tersedia versi lain