Perpustakaan IAI Tasikmalaya

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IMPLEMENTASI CRITICAL THINKING TERHADAP
PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN
AL-QUR'AN HADIS DI KELAS XI MA BPI BATUROMPE
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI CRITICAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI KELAS XI MA BPI BATUROMPE

ABIM ABDUL RACHMAN ROBANI - Nama Orang;

Abim Abdul Rachman Robani, Implementasi Critical Thinking Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Quran BPI Baturompe Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyalı, Institut Agama Islam Tasikmalaya. Hadis Di Kelas XI MA Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi berpikir kritis dalam

pembelajaran Al-Quran Hadis serta dampaknya terhadap pemahaman peserta didik kelas XI di MA BPI Baturompe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi Partisipan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Quran Hadis dan siswa kelas XI MA BPI Baturompe Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berpikir kritis dalam pembelajaran Al Quran Hadis di MA BPI Baturompe mencakup beberapa aspek penting pengembangan pertanyaan yang menantang, diskusi kelompok, analisis teks dan penilaian kritis terhadap multitafsir pembelajaran. Guru sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan, mengeksplorasi berbagai interpretasi, dan menghubungkan komsep-konsep yang dipelajari dengan konteks kehidupan nyata. Penerapan berpikir kritis ini terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Al-Quran Hadis. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, mampu berpikir lebih mendalam, serta dapat menghubungkan antara teori dan praktik. Mereka juga menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menginterpretasikan teks dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi berpikir kritis dalam pembelajaran Al-Quran Hadis sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru terus mengembangkan strategi-strategi pembelajaran yang mendorong berpikir kritis untuk meningkatka kualitas pendidikan agama di madrasah.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pemahaman Peserta Didik, Al-Quran Had Pendidikan Agama, Pembelajaran Kualitatif.


Ketersediaan
#
Perpus STAI Tasikmalaya 011.75 AAR
01175AAR01
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 AAR
Penerbit
: IAI TASIKMALAYA., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan IAI Tasikmalaya
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Institut Agama Islam Tasikmalaya merupakan pusat sumber belajar yang berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami menyediakan berbagai koleksi bahan pustaka cetak maupun digital yang relevan dengan kebutuhan sivitas akademika, serta berkomitmen memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, dan ramah.

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan dan sistem otomasi perpustakaan berbasis teknologi informasi, kami berupaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan inspiratif. Perpustakaan IAI Tasikmalaya menjadi mitra strategis dalam mencerdaskan kehidupan kampus serta memperluas akses pengetahuan bagi seluruh pengguna.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?