Detail Cantuman
Advanced SearchText
IMPLEMENTASI CRITICAL THINKING TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI KELAS XI MA BPI BATUROMPE
Abim Abdul Rachman Robani, Implementasi Critical Thinking Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Quran BPI Baturompe Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyalı, Institut Agama Islam Tasikmalaya. Hadis Di Kelas XI MA Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi berpikir kritis dalam
pembelajaran Al-Quran Hadis serta dampaknya terhadap pemahaman peserta didik kelas XI di MA BPI Baturompe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi Partisipan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Quran Hadis dan siswa kelas XI MA BPI Baturompe Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berpikir kritis dalam pembelajaran Al Quran Hadis di MA BPI Baturompe mencakup beberapa aspek penting pengembangan pertanyaan yang menantang, diskusi kelompok, analisis teks dan penilaian kritis terhadap multitafsir pembelajaran. Guru sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan, mengeksplorasi berbagai interpretasi, dan menghubungkan komsep-konsep yang dipelajari dengan konteks kehidupan nyata. Penerapan berpikir kritis ini terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Al-Quran Hadis. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, mampu berpikir lebih mendalam, serta dapat menghubungkan antara teori dan praktik. Mereka juga menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menginterpretasikan teks dan mengaplikasikan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi berpikir kritis dalam pembelajaran Al-Quran Hadis sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru terus mengembangkan strategi-strategi pembelajaran yang mendorong berpikir kritis untuk meningkatka kualitas pendidikan agama di madrasah.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pemahaman Peserta Didik, Al-Quran Had Pendidikan Agama, Pembelajaran Kualitatif.
Ketersediaan
01175AAR01 | 011.75 AAR | Perpus STAI Tasikmalaya | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
011.75 AAR
|
Penerbit | IAI TASIKMALAYA : ., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
011.75
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain